EFEKTIVITAS KEGIATAN PERMAINAN OLAH RAGA ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-FITRI ACEH BESAR

Penulis

  • Arsy Arfilianti Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Permainan olahraga estafet, sosial-emosional.

Abstrak

Abstract
Emotional social skills are an element of intelligence which is divided into two skills, namely:
personal skills and social skills. The results of preliminary observations indicated that the social
emotional abilities of group B PAUD Al-Fitri Aceh Besar children were still low due to the use of
unsuitable learning strategies and tended to be monotonous. Therefore it is necessary to make
improvements by using relay sports. This study aims to determine the effectiveness of relay sports
in improving the socio-emotional abilities of group B children in PAUD Al-Fitri. This study uses a
quantitative approach with a pre-experimental design with the type of one group pretest and posttest design. This research is a population study with a population of 12 people. Data collection
was carried out through tests which were assessed through observation sheets. The instrument
used in this data collection was the observation sheet, the data were analyzed using a statistical test
(t-test). The results showed that the results of initial observations were that 25% of children had
not developed, 41.67% began to develop, and 33.33% of children developed according to the
expectations of their social-emotional abilities. After being treated with relay sports, there were no
more underdeveloped children, 33.33% developed very well, 50% developed according to
expectations and only 16.67% began to develop their social-emotional abilities. This is evidenced by
the results of hypothesis testing that the calculated price> t-table price (25.44> 1.80). Thus it can
be concluded that relay sports activities are effective in improving the socio-emotional development
of group B PAUD Al-Fitri Aceh Besar children.. 

Abstrak
Kemampuan sosial emosional merupakan unsur kecerdasan yang terbagi menjadi dua
kecakapan, yaitu: kecakapan pribadi dan kecakapan sosial. Hasil observasi awal
menunjukkan masih rendahnya kemampuan sosial emosional anak kelompok B PAUD
Al-Fitri Aceh Besar yang disebabkan oleh penggunaan strategi belajar yang kurang sesuai
dan cenderung monoton. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan dengan
menggunakan permainan olah raga estafet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas permainan olah raga estafet dalam meningkatkan kemampuan sosialemosional anak kelompok B di PAUD Al-Fitri. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain pra eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 12 orang.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi, data
dianalisis menggunakan uji statistika (uji-t). Hasil Penelitian menunjukkan hasil
pengamatan awal sebanyak 25% anak belum berkembang, 41,67% mulai berkembang,
dan 33,33% anak berkembang sesuai harapan kemampuan sosial-emosionalnya. Setelah
diberikan perlakuan dengan permainan olah raga estafet tidak ditemui lagi anak yang
belum berkembang, anak yang berkembang sangat baik 33,33%, 50% anak berkembang
sesuai harapan dan hanya 16,67% anak mulai berkembang kemampuan sosialemosionalnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa harga t- hitung >
harga t-tabel (25,44> 1,80). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan
permainan olahraga estafet efektif meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak
kelompok B PAUD Al-Fitri Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD