PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI PROGRAM ILMUAN CILIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SATU ATAP SD IE ALANG ACEH BESAR

Penulis

  • Musliana Musliana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kecerdasan Naturalis, Program Ilmuan Cilik

Abstrak

Abstract
Naturalistic intelligence needs to be taught and instilled from an early age in order to form a
natural character of children and love nature. The purpose of this study was to describe the
Increase in Naturalist Intelligence through the Little Scientist Program for 5-6 Years Old Children
in One Roof Elementary School Ie Alang Aceh Besar. Research using qualitative methods with classroom action research conducted in 2 cycles. Each cycle is carried out through the stages of
planning, implementing, observing, and reflecting. The research subjects were children aged 5-6
years in the One Roof Kindergarten SD Ie Alang Aceh Besar Aceh Besar. 2020/2021 school year.
The 5-6 years age group consisted of 18 children consisting of 13 boys and 5 girls. Processing data
using qualitative descriptive analysis techniques and using a percentage formula. The results
showed that in cycle I naturalist intelligence has not developed BB to 5 children and an average
score of 27%, the number of children whose naturalist intelligence is developing (MB) becomes 6
children and the average score is 34%, then the number of children whose naturalist intelligence is
Developing As expected (BSH) becomes 4 children and an average score of 25% and the number of
children whose naturalist intelligence develops Very Well (BSB) becomes 2 children with an
average score of 12%. In cycle II there is an increase in children's naturalist intelligence, no
children Cognition Has Not Developed (BB), Started to Develop (MB) has an average score of 1%,
then the number of children whose naturalist intelligence develops according to expectations (BSH)
has an average score of 40% and the number of children whose naturalist intelligence is developing
very well (BSB) with an average score of 56%. With the development of children's abilities from
cycle I and cycle II, it can be concluded that the success of cycle II can be seen from children's
activities while playing, children becoming love for the environment and the growth of children's
interest in knowing, studying, finding out something in nature.

Abstrak
Kecerdasan naturalis adalah kemampuan dalam mengenal, membedakan, peka terhadap
sesuatu yang ada di alam maupun yang ada di sekitar. Tujuan penelitian ini adalah
mendekripsikan Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Program Ilmuan Cilik Pada
Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Satu Atap SD Ie Alang Aceh Besar. Penelitian dengan metode
kualitatif dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun
pada setiap siklus dilakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Satu Atap SD Ie Alang Aceh Besar
Aceh Besar. Tahun ajaran 2020/2021. Kelompok Usia 5-6 tahun berjumlah 18 anak yang
terdiri dari 13 laki-laki dan 5 perempuan. Pengolahan data menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif dan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan
pada siklus I kecerdasan naturalis Belum Berkembang BB menjadi 5 anak dan skor ratarata 27%, jumlah anak yang kecerdasan naturalis Mulai Berkembang (MB) menjadi 6 anak
dan skor rata-rata 34%, kemudian jumlah anak yang kecerdasan naturalis Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) menjadi 4 anak dan skor rata-rata 25% dan jumlah anak yang
kecerdasan naturalis Berkembang Sangat Baik (BSB) menjadi 2 anak dengan skor rata-rata
12%.Pada siklus II terjadi peningkatan kecerdasan naturalis anak tidak ada anak yang
kognitinya Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB) skor rata-rata 1%,
kemudian jumlah anak yang kecerdasan naturalis Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
skor rata-rata 40% dan jumlah anak yang kecerdasan naturalis Berkembang Sangat Baik
(BSB) dengan skor rata-rata 56%. Dengan berkembangnya kemampuan anak dari siklus I
dan siklus II dapat disimpulkan bahwa keberhasilan siklus II dapat dilihat dari aktivitas
anak saat bermain, anak menjadi cinta pada lingkungan dan tumbuhnya minat anak
dalam mengenal, mempelajari, mencari tahu sesuatu yang ada di alam.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD