PENERAPAN LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SD NEGERI SIEM

Penulis

  • Siti Zahara Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al-Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Language Experience Approach, Keterampilan menulis

Abstrak

Abstract
Language Experience Approach is an approach to improving writing skill of students. Indonesian
is one of the subjects in elementary schools. Each subject has a different scope. The scope of
learning can be used as a barrier in delivering learning material. Formulation of the problem of
how to improve students' ability in writing prefix in class II SD Negeri Siem through the
application of the Language Experience Approach (LEA) learning method. The objectives of this
study were: To improve writing skills in grade II SD Negeri Siem through the Language
Experience Approach (LEA) learning method. This type of research is Classroom Action Research
(PTK). The instrument used was an observation sheet, the number of samples was 21 children and
the data were analyzed using a percentage formula. The results showed that in the description of
children's activities in the first cycle the number of acquisitions in the incomplete category was 43% (9 students) and the complete category was 57% (11 students). 9.6% (2 students). Based on
these data it can be concluded that the learning method through the Language Experience
Approach (LEA) can improve the learning outcomes of class II SD Negeri Siem.

Abstrak
Language Experience Approach adalah sebuah pendekatan dalam meningkatkan
keterampilan menulis siswa. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang
ada di sekolah dasar. Setiap mata pelajaran memiliki ruang lingkup yang berbedabeda.Ruang lingkup dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai pembatas dalam
menyampaikan materi pembelajaran. Rumusan Masalah bagaimana peningkatan
kemampuan siswa dalam menulis permulan di kelas II SD Negeri Siem melalui
penerapan metode pembelajaran Language Experience Approach (LEA). Tujuan penelitian
ini adalah: Untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas II SD Negeri
Siem melalui metode pembelajaran Language Experience Approach (LEA). Jenis
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi, jumlah sampel adalah 21 anak dan data dianalisis dengan
menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran
aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori tidak tuntas 43% (9 siswa)
dan kategori tuntas 57% (11 siswa) Pada Siklus II jumlah perolehan dengan kategori
tuntas 90.4% (19 siswa), kategori tidak tuntas 9.6% (2 siswa). Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran melalui Language Experience Approach
(LEA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Siem.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar