KAJIAN PENAMAAN KEDAI KOPI DI KOTA BANDA ACEH : SEBUAH PENDEKATAN ETNOLINGUISTIK

Penulis

  • Aris Suwansa Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Wahidah Nasution Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Teuku Mahmud Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Etnolinguistik, makna, proses, Semantik

Abstrak

Abstract
This research is entitled "Analysis of the Naming of Coffee Shops in Banda Aceh City:
Ethnolinguistic Studies". As for the purpose of this paper is to examine the analysis of the naming
of coffee shops in the city of Banda Aceh. The theoretical approach is an ethnolinguistic approach,
and a methodological approach is a qualitative descriptive approach. The data collection technique
in this research is observation. The results showed that the naming of coffee shops based on
ethnolinguistic studies is for the naming of coffee shops made by entrepreneurs in Banda Aceh
based on well-known shop names and based on place / area names as well as naming based on
galaxy, the use of appropriate and easy to remember language also becomes One of the mainstays
for coffee entrepreneurs in naming the coffee shops they own, with these names easy to remember
and pronounce, it becomes a culture among the community, can become more existing among the
community, this coffee shop naming is certainly made to be more hits in the eyes of coffee lovers.

Abstrak
Penelitian ini berjudul “Analisis Penamaan Kedai Kopi di Kota Banda Aceh : Kajian
Etnolinguistik”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji
analisis penamaan kedai kopi di Kota Banda Aceh. Pendekatan secara teoritis yang
merupakan pendekatan etnolingustik, dan pendekatan metodologis yang berupa
pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penamaan warung kopi berdasarkan
kajian etnolinguistik adalah untuk penamaan warung kopi yang dibuat oleh pengusaha
di Banda Aceh adalaha berdasarkan nama-nama toko yang terkenal dan berdasrkan nama
tempat/daerah serta penamaan berdasarkan galaxy, penggunaan bahasa yang tepat dan
mudah diingat juga menjadi salah satu andalan bagi pengusaha kopi dalam menamai
warung kopi yang dimilikinya, dengan nama-nama tersebut mudah diingat dan
dilafazkan maka menjadi budaya dikalangan masyarakat, dapat menjadi lebih eksis
dikalangan masyarakat, penamaan warung kopi ini tentunya dibuat agar lebih hits
dimata pecinta kopi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia