Analisis Kemampuan Siswa Menentukan Kalimat Utama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Negeri 49 Kota Banda Aceh

Penulis

  • Aguslim Aguslim Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al-Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Kemampuan Menentukan Kalimat Utama.

Abstrak

Abstract
In general, what elementary students face in general is the low ability to understand the content or
meaning contained in a reading. This is due to the various difficulties of students, including
mastering vocabulary, understanding ideas, capturing details of reading content, sequencing
events, interpreting the author's intentions, following the flow of problems outlined in the reading,
assessing, commenting on the subject matter of reading critically and which is very often a
problem. students are finding or determining the main sentence. The formulation of the problems in this study are: 1) What obstacles did the students face in determining the main sentence? 2)
What factors were the obstacles for the students in determining the main sentence? This study
aims: 1) to determine the obstacles faced by students in determining the main sentence. 2) To
determine the factors that become obstacles for students in determining the main sentence. The
research approach uses qualitative. with this type of descriptive research. The subjects in this study
were one Indonesian teacher and 32 grade IV students. The instruments in this study were
interviews, observation and documentation. The results indicated that the fourth grade students of
SD Negeri 49 Banda Aceh in determining the main sentence in Indonesian language lessons
experienced various obstacles. namely the students' lack of understanding of the main idea
material, the difficulty of students when finding vocabulary that has not been understood, and the
difficulty in determining the main idea in a lot of reading. In addition, the factors that become
obstacles for students in determining sentences are internal factors. Internal factors consist of
learning saturation factors, and the inactivity factor of students when learning in grade IV SD
Negeri 49 Banda Aceh.

Abstrak
Secara komprehensif yang dihadapi siswa SD pada umumnya adalah rendahnya
kemampuan memahami isi atau makna yang terkandung pada suatu bacaan. Hal tersebut
dikarenakan berbagai kesulitan siswa di antaranya ialah menguasai kosakata, memahami
buah pikiran, menangkap perincian isi bacaan, mengurutkan peristiwa, mengartikan
maksud pengarang, mengikuti alur permasalahan yang digariskan dalam bacaan,
menilai, mengomentari masalah pokok bacaan secara kritis dan yang sangat sering
menjadi masalah siswa ialah menemukan atau menentukan kalimat utama. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Kendala apa saja yang dihadapi siswa
dalam menentukan kalimat utama?. 2) Faktor apa saja yang menjadi kendala siswa dalam
menentukan kalimat utama?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kendala yang
dihadapi siswa dalam menentukan kalimat utama. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor
yang menjadi kendala siswa dalam menentukan kalimat utama. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitati yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru mata
pelajaran bahasa Indonesia 1 orang dan siswa kelas IV sebanyak 32 orang. Instrumen
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri 49 Banda Aceh dalam menentukan
kalimat utama pada pelajaran Bahasa Indonesia mengalami berbagai kendala. yaitu
kurangnya pemahaman siswa terhadap materi ide pokok, kesulitan siswa ketika
menemukan kosa-kata yang belum dipahami, dan kesulitan dalam menentukan ide
pokok pada bacaan yang banyak. Disamping itu, Faktor yang menjadi kendala siswa
dalam menentukan kalimat yaitu faktor lingkungan (ekternal) dan faktor dari diri siswa
(internal) yang terdiri dari faktor kejenuhan belajar dan kurang aktifnya siswa saat
pembelajaran di kelas IV SD Negeri 49 Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar