ANALISIS KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK KOTA BANDA ACEH TAHUN 2020/2021

Penulis

  • Ulfa Munawala Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani Musdiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kedisiplinan guru, proses pembelajaran.

Abstrak

Abstract
Teacher discipline is an orderly and orderly condition that teachers have in working in schools,
without any direct or indirect damaging violations. The results of preliminary observations at
several kindergartens in the city of Banda Aceh indicate that the work discipline of teachers in
learning has not been fully implemented. The formulation of the problem in the research is how is the discipline of the teacher in planning learning, in implementing learning and in evaluating
learning in Kindergarten Kota Banda Aceh 2020/2021. The research objective was to determine
teacher discipline in learning planning, in the implementation of learning and in evaluating
learning in Banda Aceh City Kindergarten 2020/2021. This study used a qualitative research
procedure with a descriptive type. The research location is TK Poteumeurehom and TK AlWashliyah. The subjects of this study were 2 people, namely the head of TK Poteumeurehom and
TK Al-Washliyah. Data were analyzed using the Miles and Huberman model, namely data
collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The
discipline of Banda Aceh Kindergarten teachers has been seen in the learning planning stage, the
learning implementation process and the learning evaluation. In the planning stage, the
disciplinary teacher prepares RPPM, RPPH, prepares media and educational games. In the
implementation stage of learning, the teacher is disciplined in displaying a variety of good attitudes
and can be emulated by students, but the teacher looks less disciplined in managing the learning
time, there are some teachers who start and end learning not on time. In the evaluation stage of
learning outcomes, the teacher is disciplined in providing daily, weekly and monthly evaluations of
various aspects of child development. It can be concluded that the discipline of teachers in the
teaching and learning process at Banda Aceh Kindergarten City 2020/2021 is already disciplined,
it's just that they have not followed up on the results of the learning evaluation.

Abstrak
Kedisiplin guru adalah suatu keadaan tertib dan teratur yang dimiliki guru dalam bekerja
di sekolah, tanpa ada pelanggaran pelanggaran yang merugikan baik secara langsung
maupun secara tidak langsung. Hasil pengamatan awal pada beberapa TK di Kota Banda
Aceh menunjukkan bahwa disiplin kerja guru dalam pembelajaran belum sepenuhnya
berjalan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah
kedisiplinan guru dalam perencanaan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran
dan dalam evaluasi pembelajaran di TK Kota Banda Aceh Tahun 2020/2021. Tujuan
penelitian untuk mengetahui kedisiplinan guru dalam perencanaan pembelajaran, dalam
pelaksanaan pembelajaran dan dalam evaluasi pembelajaran di TK Kota Banda Aceh
Tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif. Lokasi penelitian di TK Poteumeurehom dan TK Al-Washliyah. Subjek
penelitian ini adalah 2 orang yaitu kepala TK Poteumeurehom dan TK Al-Washliyah.
Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kedisiplinan
guru TK Kota Banda Aceh sudah terlihat pada tahap perencanaan pembelajaran, proses
pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam tahap perencanaan guru
disiplin menyusun RPPM, RPPH, menyiapkan media dan alat permainan edukatif.
Dalam tahap pelaksanaan pembelajaran, guru sudah disiplin menampilkan berbagai
sikap yang baik dan bisa dicontoh oleh muridnya, namun guru terlihat kurang disiplin
pada pengaturan waktu pembelajaran, ada beberapa guru yang memulai dan mengakhiri
pembelajaran tidak tepat waktu. Pada tahap evaluasi hasil belajar, guru sudah disiplin
dalam memberikan evaluasi baik harian, mingguan maupun bulanan terhadap berbagai
aspek perkembangan anak. Dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan guru dalam proses
belajar mengajar di TK Kota Banda Aceh tahun 2020/2021 sudah disiplin, hanya saja
belum melakukan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD