Analisis Pelaksanaan Pendidikan Moral Agama Dalam Keluarga Terhadap kemampuan Emosional Anak di Sekolah di TK Cut Mutia Banda Aceh

Penulis

  • Siti Harlina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Pendidikan Moral Agama, Kemampuan Emosional Anak.

Abstrak

Abstract
This study aims to determine the description of the implementation of Religious Moral Education
in the Family on the Emotional Ability of Children in Schools at Cut Mutia Kindergarten, Banda
Aceh. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The research
subjects in this study were 4 teachers at Cut Mutia Kindergarten Banda Aceh. and the object
observed was 4 children. Data collection techniques in this study were interviews and observations.
The results showed that of the four children, namely A, H, L and W, each had different social
emotional abilities. The role of parents in providing family religious moral education greatly
determines the future character of children in the school world, especially in children's social
emotional abilities. The role of parents influences the development of the child's mindset at various
levels of development. In addition, children's social emotional abilities are also caused by
environmental factors where the child's condition when they are outside school greatly affects the
child's level of social skills.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Pendidikan Moral
Agama Dalam Keluarga Terhadap kemampuan Emosional Anak Di Sekolah Di TK Cut
Mutia Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru di TK Cut Mutia
Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 4 orang. dan objek yang diobservasi yaitu 4 anak.
Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa dari empat anak yaitu A, H, L dan W, masing-masing
memiliki kemampuan sosial emosional yang berbeda. Peran orang tua dalam pemberian
pendidikan moral agama keluarga sangat menentukan karakter masa depan anak dalam
dunia sekolah khususnya pada kemampuan sosial emosional anak. Peran orangtua
mempengaruhi perkembangan pola pikir anak dalam berbagai tingkat perkembangan.
Disamping itu, Kemampuan sosial emosional anak juga disebabkan oleh faktor
lingkungan dimana kondisi anak pada saat berada diluar sekolah sangat mempengaruhi
tingkat kemampuan anak dalam bersosial.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD