ANALISIS UPAYA GURU MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TK IT MINA

Penulis

  • Sarina Sarina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Regina Rahmi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Fazli Hanum Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Upaya guru, kepercayaan diri anak.

Abstrak

Abstract
Learning to develop self-confidence in children can be done repeatedly, so that children will get
used to believing in themselves. However, in online learning, of course, it is different from face-toface learning, so the teacher must make more efforts. This study aims to analyze the teacher's
efforts to build children's self-confidence in online learning at TK It Mina. This study used a
qualitative approach, the research subjects of group B teachers were 7 people. Data were collected
through interviews and documentation. Data were analyzed using qualitative analysis techniques,
the Miles & Huberman model. The results showed that the children's self-confidence in online
learning at TK IT Mina was still low at first, such as feeling afraid and nervous when being
videotaped by their parents, but along with the learning habits of group B children began to look
brave, which was shown by better video learning results. from the previous. The efforts made by the
teacher in building children's self-confidence in online learning at IT Mina Kindergarten such as
making motivational videos, uploading children's learning outcomes in groups and also praising children in group B. In building children's self-confidence, teachers are constrained by parental
participation low and also limited interaction with children.. 

Abstrak
Pembelajaran untuk mengembangkan rasa percaya diri pada anak dapat dilakukan secara
berulang-ulang, sehingga anak akan terbiasa untuk percaya pada dirinya sendiri. Namun
dalam pembelajaran daring tentunya berbeda dengan pembelajaran tatap muka, sehingga
guru harus berupaya lebih maksimal lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
upaya guru membangun kepercayaan diri anak dalam pembelajaran daring di TK It
Mina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian guru kelompok
B sebanyak 7 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles & Huberman. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri anak dalam pembelajaran daring di TK
IT Mina pada awalnya masih rendah seperti merasa takut dan gugup saat divideokan
oleh orangtuanya, namun seiring dengan kebiasaan pembelajaran anak-anak kelompok B
mulai terlihat berani yang ditunjukkan dengan hasil video pembelajaran yang lebih baik
dari sebelumnya. Upaya yang dilakukan guru dalam membangun kepercayaan diri anak
dalam pembelajaran daring di TK IT Mina seperti membuat video motivasi, mengupload
hasil belajar anak di group dan juga memuji anak-anak di group kelompok B. Dalam
membangun kepercayaan diri anak, guru terkendala dengan partisipasi orangtua yang
rendah dan juga interaksi dengan anak yang terbatas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD