ANALISIS PERILAKU ANTI SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-WASHLIYAH BANDA ACEH

Penulis

  • Siti Ajarita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriani Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, perilaku anti sosial

Abstrak

Abstract
The anti-social behavior found in Al-Washliyah Kindergarten is caused by various factors, both
from the child (internal) and from outside (external). The purpose of this study was to determine
the anti-social behavior shown by children aged 4-5 years and to determine the factors that
influence the anti-social behavior of children aged 4-5 years in Al-Washliyah Kindergarten. This
study used a qualitative research design with a descriptive type. The research subjects were core
teachers, accompanying teachers and school principals. Data were collected through interviews,
observation and documentation. Data were analyzed using the Miles and Huberman model,
namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification.
The results showed that the anti-social behavior shown by children aged 4-5 years in Al-Washliyah Kindergarten such as aggression behavior that wants to seek attention, bully friends, refuses to
give in, is disrespectful and does not feel reluctant when communicating with teachers, mocking
names. parents, taunts their parents' jobs, get into fights, annoy and say rude words to their
friends. The factors that influence the anti-social behavior of children aged 4-5 years in AlWashliyah Kindergarten are family factors, factors related to school, and social factors. Family
factors include family conflict (broken home), lack of parental supervision, lack of attention to
children, habit of giving punishment, and weak discipline in the home. School-related factors
include peer influence. Social factors include low economic status that triggers a sense of wanting
to have something that is owned by a friend while his family cannot fulfill it. 

Abstrak
Perilaku anti sosial yang ditemukan di TK Al-Washliyah disebabkan oleh berbagai faktor
baik dari diri anak (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui perilaku anti sosial yang ditunjukkan oleh anak usia 4-5 tahun dan
untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anti sosial anak usia 4-5
tahun di TK Al-Washliyah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif
dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian guru inti, guru pendamping dan kepala
sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data
dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perilaku anti sosial yang ditunjukkan oleh anak usia 4-5 tahun di TK
Al-Washliyah seperti perilaku agresi yang ingin mencari perhatian, membully teman,
tidak mau mengalah, tidak sopan dan tidak ada rasa segan ketika berkomunikasi dengan
guru, mengejek nama orangtua, mengejek pekerjaan orangtua, melakukan perkelahian,
mengganggu serta berkata kasar pada temannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku anti sosial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Washliyah adalah faktor keluarga, faktor
berkaitan dengan sekolah, dan faktor sosial. Faktor keluarga mencakup konfik keluarga
(broken home), kurangnya pengawasan orangtua, kurangnya perhatian pada anak,
kebiasaan memberi hukuman, dan kedisiplinan di rumah yang lemah. Faktor berkaitan
dengan sekolah mencakup pengaruh teman sebaya. Faktor sosial mencakup status
ekonomi yang rendah sehingga memicu munculnya rasa ingin memiliki sesuatu yang
dimiliki oleh temannya sedangkan keluarganya tidak dapat memenuhinya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD