ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PRODUKTIF BAHASA INDONESIA UNTUK SMK/MAK KELAS X

Penulis

  • Henni Susanti Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rika Kustina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Harfiandi Harfiandi Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

analisis, tingkat keterbacaan, buku teks.

Abstrak

Abstract
This research is entitled "Analysis of Readability Levels of Productive Indonesian Language
Textbooks in Indonesian for Class X SMK / MAK". This study aims to describe the level of
readability of the Indonesian Language Productive textbook for SMK / MAK Class X by Yustinah,
published by Erlangga in 2016. This research is a qualitative descriptive study. The data source of
this study is the Indonesian Language Productive Language textbook for SMK / MAK Class X by
Yustinah, published by Erlangga in 2016. The data analyzed by researchers in this study are
discourses contained in the Indonesian Language Productive textbook for SMK / MAK. Class X, totaling 30 discourses. The research data were collected using documentation techniques. The level
of discourse readability in this study was measured using Raygor's graph readability. The results
of this study indicate that of the 30 discourses used as research data, there are 8 discourses (26.6%)
according to the level of readability of the discourse with the target students. The discourse is at a
readability level that is appropriate for class X. Discourse is said to be in accordance with its
readability level if it fits in the target class or is 1 level below or above the target class, namely class
X.22 discourse (73.4%) does not match the level of readability discourse with target students. The
discourse is at a legibility level that is lower or higher than the readability level of class X. The
discourse does not match its readability level because it is 2 levels or more below or above the target
class. So, it can be said that the readability level of Productive Indonesian Language textbooks in
Indonesian for SMK / MAK Class X based on the Raygor chart does not match the level of
readability of the discourse with grade X students. 

Abstrak
Penelitian ini berjudul “Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia
Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X”. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks Produktif Berbahasa Indonesia untuk
SMK/MAK Kelas X karya Yustinah terbitan Erlangga tahun 2016. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah buku
teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X karya
Yustinah terbitan Erlangga tahun 2016. Data yang dianalisis oleh peneliti dalam
penelitian ini yaitu berupa wacana yang terdapat di dalam buku teks Produktif Berbahasa
Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X yang berjumlah 30 wacana. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Penelitian tingkat keterbacaan
wacana dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan keterbacaan grafik Raygor.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 30 wacana yang dijadikan data
penelitian terdapat 8 wacana (26,6%) sesuai tingkat keterbacaan wacananya dengan
peserta didik sasaran. Wacana tersebut berada pada tingkat keterbacaan yang sesuai
untuk kelas X. Wacana dikatakan sesuai tingkat keterbacaannya apabila berada pas
dikelas sasaran atau berada 1 tingkat di bawah atau di atas kelas sasaran, yaitu kelas X. 22
wacana (73,4%) tidak sesuai tingkat keterbacaan wacananya dengan peserta didik
sasaran. Wacana tersebut berada pada tingkat keterbacaan yang lebih rendah atau lebih
tinggi dari tingkat keterbacaan kelas X. Wacana tidak sesuai tingkat keterbacaannya
karena berada 2 tingkat atau lebih dibawah atau di atas kelas sasaran. Jadi, dapat
dikatakan bahwa tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Produktif Berbahasa
Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X berdasarkan grafik Raygor tidak sesuai tingkat
keterbacaan wacananya dengan peserta didik kelas X.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia