Teacher Perspective In The Use Of Poblem Based Learning In Elevating Writing Ability (An Analysis Study of the teacher at SMAN 8 Banda Aceh)

Penulis

  • Husfika Jinanda Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rosdiana Rosdiana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulyadi Syahputra Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Perspektif Guru, Problem Based Learning, Kemampuan Menulis.

Abstrak

Abstract
This study analyses the teacher perspectives in the use of problem based learning in elevating
writing ability.The partisipant of this study were two teachers who teach English lessons at SMAN
8 Banda Aceh. In this reseach both of teachers chosen as the partisipant based on the early
observation conducted by the researcher. The data needed are gotten by doing interview to the
teachers and ask directly their perspective in the use of PBL in elevating writing ability. The result
of the interview shows that many of the questions answered agreeably by the teacher. It was proven
when researcher asked “do you think that using PBL in the learning process can elevating
students' writing skills?”. The both of teacher agree that using PBL can improve students' writing
ability. It was because learning using the PBL method would make students share ideas so that
students' thinking increases. Besides, teacher also agree by using PBL could make students focus in
learning writing and encouradge students motivation. It means the teaching process by using Problem Based Learning has a significant category in elevating writing ability of students. Based
on the result of the study, the teacher should applied problem based learning method because it can
elevating ability students in learning writing. 

Abstrak
Penelitian ini menganalisis perspektif guru dalam pembelajaran berbasis masalah dalam
meningkatkan kemampuan menulis. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang
guru yang mengajar pelajaran bahasa Inggris di SMAN 8 Banda Aceh. Dalam penelitian
ini kedua guru dipilih sebagai partisipan berdasarkan observasi awal yang dilakukan
oleh peneliti. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan melakukan wawancara kepada
para guru dan menanyakan secara langsung pandangan mereka dalam penggunaan PBL
dalam meningkatkan kemampuan menulis. Hasil wawancara menunjukkan bahwa
banyak pertanyaan yang dijawab dengan baik oleh guru. Hal tersebut terbukti ketika
peneliti bertanya “Menurut Anda apakah dengan menggunakan PBL dalam proses
pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa?”. Kedua guru setuju
bahwa dengan menggunakan PBL dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal
tersebut dikarenakan pembelajaran dengan metode PBL akan membuat siswa saling
bertukar pikiran sehingga pemikiran siswa meningkat. Selain itu, guru juga setuju
dengan menggunakan PBL dapat membuat siswa fokus dalam pembelajaran menulis dan
mendorong motivasi siswa. Artinya, proses pembelajaran dengan menggunakan Problem
Based Learning memiliki kategori signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis
siswa. Berdasarkan hasil belajar tersebut, sebaiknya guru menerapkan metode
pembelajaran berbasis masalah karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
pembelajaran menulis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris