ANALISIS PERKMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ANANDA BANDA ACEH

Penulis

  • Cut Juliani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Didi Yudha Pratana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Perkembangan motorik halus, anak kelompok B

Abstrak

Abstract
Every individual early childhood has the potential to experience problems. One of the individual
problems is fine motor development. The development of fine motor skills is related to the
development of the ability to use the fingers to use various activities, such as doing movements
(motion), sticking, pinching, cutting, painting, and others. The formulation of the problem in this
study were: How to describe the child's abilities, what are the activities and how are the obstacles
and what are the supporting factors for fine motoric development in group B children at TK
Ananda Banda Aceh. The research objective was to determine: description of children's abilities, types of constraint activities and what are the supporting factors for fine motoric development in
group B children at TK Ananda Banda Aceh. The research method is qualitative research with a
sample of 2 teachers using interview and documentation instruments. The results showed that the
fine motoric development in group B children in terms of drawing, coloring had started to develop
very well (BSB) while cutting and folding were still said to be underdeveloped. Types of fine
motoric development activities in group B children, namely: drawing, coloring, folding, cutting,
sticking. The obstacles faced by teachers during this pandemic are due to the Covid problem 19
teachers cannot see directly when children are doing activities and teachers can only see from
videos / photos of children's activities because children do these activities only at home with their
parents. And supporting factors in developing fine motor skills in children at Ananda
Kindergarten, Banda Aceh, such as the availability of supplies at school: magazines for children,
drawing books,writing books, writing pencils, colored pencils, playing platycin, origami paper. 

Abstrak
Setiap individu anak usia dini memiliki potensi untuk mengalami masalah. Salah satu
masalah individu tersebut adalah perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik
halus ini berkaitan dengan perkembangan kemampuan dalam menggunakan jari untuk
menggunakan berbagai kegiatan, seperti melakukan gerakan (motion), menempel,
mencubit, memotong, melukis, dan lain-lain. Rumusan Masalah dalam penelitian ini
yaitu: Bagaimana gambaran kemampuan anak, Apa saja kegiatan dan Bagaimana kendala
dan apa saja faktor pendukung perkembangan motorik halus pada anak kelompok B di
TK Ananda Banda aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui: gambaran kemampuan
anak, Jenis kegiatan kendala dan apa saja faktor pendukung perkembangan motorik
halus pada anak kelompok B di TK Ananda Banda aceh. Metode penelitian adalah
penelitian kualitatif dengan sampel 2 orang guru menggunakan instrument wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus
pada anak kelompok B dari segi menggambar, mewarnai sudah mulai berkembang
sangat baik (BSB) sedangkan menggunting dan melipat masih dikatakan belum
berkembang. Jenis kegiatan perkembangan motorik halus pada anak kelompok B yaitu:
menggambar, mewarnai, melipat, menggunting, menempel. Kendala yang dihadapi oleh
guru selama pandemi ini karena permasalahan covid 19 guru tidak dapat melihat
langsung ketika anak sedang melakukan kegiatan dan guru hanya bisa melihat dari
video/foto kegiatan anak karena anak melakukan kegiatan tersebut hanya dirumah
bersama orang tuanya. Dan faktor pendukung dalam mengembangkan motorik halus
pada anak di TK Ananda Banda Aceh seperti tersedianya pelengkapan disekolah: majalah
untuk anak, buku gambar, buku tulis, pensil tulis, pensil warna, bermain platisin, kertas
origami.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD