Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Selama Belajar dirumah di TK Kelompok B Al-Washliyah Banda Aceh)

Penulis

  • Arminawati Arminawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Kemampuan Motorik Halus Anak.

Abstrak

Abstract
This study aims to determine the description of children's fine motor development during BDR in
Kindergarten Group B Al-Washliyah Banda Aceh. This research uses a qualitative approach with
descriptive research type. The research subjects in this study were 3 teachers at TK Al Washliyah
Banda Aceh. Data collection techniques in this study were interviews and documentation. The
results indicated that the children's motor skills in making flat and sloping lines had developed
well because the children had been taught. where studying online is the same as in school too. The
child's ability to imitate simple paper folding has been well imitated, namely the child can imitate
paper folding when directed. Children's ability to resonate with 2 patterns with various media
(beads, straws, paper), that is, we have to direct the child first and then they can understand it well.
Besides that, the ability of children to make various shapes from leaves, patchwork, paper,
cardboard is not entirely possible, where we have to direct children first and then they can
understand them well. Then, the child's ability to play colors with various media is that children can already when the child is given an example first. The ability of children to cut with various
media based on shapes / patterns (straight, curved, waves, zigzags, circles, triangles, and squares)
means that children can understand them well when given examples first. 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan motorik halus anak
selama BDR di TK Kelompok B Al-Washliyah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam
penelitian ini adalah guru di TK Al Washliyah Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 3
orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan
dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik anak dalam
membuat garis datar dan miring sudah berkembang dengan baik dikarenakan anak-anak
sudah diajarkan. dimana belajar daring sama halnya seperti di sekolah juga. Kemampuan
anak dalam meniru melipat kertas sederhana sudah dapat dicontoh dengan baik, yaitu
anak dapat meniru melipat kertas ketika diarahkan. kemampuan anak dalam meronce 2
pola dengan berbagai media (manik-manik, sedotan, kertas) yaitu anak harus kita
arahkan dulu baru kemudian mereka dapat memahaminya dengan baik. Disamping itu,
kemampuan anak dalam membuat berbagai bentuk dari daun, kain perca, kertas, kardus
belum semuanya bisa,dimana anak harus kita arahkan dulu baru kemudian mereka dapat
memahaminya dengan baik. Kemudian, kemampuan anak dalam bermain warna dengan
berbagai media yaitu anak sudah bisa ketika anak diberi contoh terlebih dahulu.
Kemampuan anak menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola
(lurus, lengkung, gelombang, zigzag, lingkaran, segitiga, dan segi empat) yaitu anak
dapat memahaminya dengan baik ketika dikasih contoh terlebih dahulu.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD