ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK KELOMPOK A DI TK BUNGONG SELEUPOK BANDA ACEH

Penulis

  • Nesi Ratna Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Harfiandi Harfiandi Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, mengenal huruf

Abstrak

It is very important to recognize letters in children from an early age so that children can recognize
letters in preparation for reading and writing. Children who can recognize letters well tend to have
better reading skills. For this reason, proper stimulation from the teacher is needed so that the child
can really understand the letters of the alphabet well. The objectives of this study were (1) to see the
ability to recognize letters in group A children, (2) to see the activities carried out to stimulate the
ability to recognize letters in group A children, and (3) to look at related things in improving the
ability to recognize letters. in group A children at Bungong Seuleupok Kindergarten. This research
uses a qualitative descriptive approach. The subjects of this study were a group of 3 teachers at
Bungong Seuleupok Kindergarten. Interview data and documentation. Data analysis was
performed by data reduction, data display (data presentation), and leveraging. The results showed
that (1) Before being given stimulation by the teacher, the ability to recognize letters of group A
children was still low, the children were not able to name random letters nor were they able to
distinguish letters that had almost the same shape. There are still those who are not able to
distinguish letters that are almost the same as f - p - v. (2) Activities carried out to stimulate the
ability to recognize letters of group A children include various learning media and also interesting
games, such as using letter cards, letter trees and also using alphabet puzles. (3) What are the
obstacles that connect to improving the ability to recognize letters in group A children at Bungong
Seuleupok Kindergarten, including the aspects of class management, the influence of media and
learning resources related to recognizing letters, and learning materials that are still lacking.

Abstrak
Pengenalan huruf pada anak sejak usia dini sangat penting dilakukan agar anak dapat
mengenal huruf-huruf untuk persiapan membaca dan menulis. Anak yang dapat
mengenal huruf dengan baik cenderung memiliki kemampuan membaca dengan lebih
baik. Untuk itu diperlukan stimulasi yang tepat dari guru shingga anak benar-benar
dapat memahami huruf abjad dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
mengetahui kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A, (2) untuk mengetahui
kegiatan yang dilakukan untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf pada anak
kelomok A, dan (3) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Bungong
Seuleupok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru kelompok A TK Bungong Seuleupok sebanyak 3 orang. Data
dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
reduksi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebelum diberikan stimulasi oleh guru kemampuan
mengenal huruf anak kelompok A masih rendah, anak belum mampu menyebutkan
huruf abjad secara acak dan juga belum mampu membedakan huruf-huruf yang memiliki
bentuk yang hampir sama. Masih ada yang belum mampu membedakan bunyi huruf
yang hampir sama seperti f – p – v. (2) Kegiatan yang dilakukan untuk menstimulasi
kemampuan mengenal huruf anak kelompok A diantaranya dengan mengembangkan
berbagai media pembelajaran dan juga permainan-permainan yang menarik, seperti
menggunakan kartu huruf, pohon huruf dan juga menggunakan puzle huruf abjad. (3)
Kendala-kendala apa yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf
pada anak kelompok A TK Bungong Seuleupok diantaranya pada aspek pengelolaan
kelas, ketersediaan media dan sumber pembelajaran yang berkaitan dengan mengenal
huruf, dan bahan belajar yang masih kurang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD