Analisis Permasalahan Anak Pemalu Pada Usia 5-6 Tahun di Kelompok B TK FKIP Unsyiah Banda Aceh

Penulis

  • Nurfajani Nurfajani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yenni Mutiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Permasalahan Sikap Pemalu.

Abstrak

Based on observations at TK FKIP Unsyiah Banda Aceh to find out about the picture of a shy child.
In one room there are 20 shy children and 3 shy children, namely X1, X2, and X3 children. This
study aims: 1) To determine the description and condition of the shy attitude of children aged 5-6
years at TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. 2) To determine the impact of shyness on the development
of children aged 5-6 years at TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. 3) To find out what factors influence
the problem of shyness of children aged 5-6 years at TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. This study
used a qualitative approach with case study design. The data used in this study were obtained from
the results of children's observations and interviews with the child's teacher and parents. Data
collection techniques are interviews, observation and documentation. The results showed that the
description of the condition of the shy attitude of children aged 5-6 years in TK FKIP Unsyiah
Banda Aceh, which consisted of different levels of shyness between children X1, X2 and X3. For X1
and X2 children are classified as shy and X3 children are classified as less shy. The impact of
shyness on children's development is that their talents are less visible and we cannot know them.
The factors that influence shyness are caused by several factors including parenting, heredity and
the environment in which the child is (children are less able to adapt, children are always followed
by the things they want, and children do not interact with the surrounding environment).

Abstrak

erdasarkan observasi di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh untuk mencari tahu tentang
gambaran anak yang pemalu. Didalam satu ruangan terdapat 20 orang anak dan anak
pemalu terdapat sekitar 3 orang anak yang pemalu yaitu anak X1, X2, dan X3. Penelitian
ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran dan kondisi sikap pemalu anak usia5-6
tahun di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui dampak sikap pemalu
terhadap perkembangan anak usia 5-6 tahun di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. 3) Untuk
mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permasalahan sikap pemalu anak
usia 5-6 tahun di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan
pendekatankualitatif dengan rancangan studi kasus.Data yang digunakan dalam
penelitian ini diperoleh dari hasil observasi anak, dan wawancara dengan guru dan orang
tua anak. Teknik Pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa gambarankondisi sikap pemalu anak usia 5-6 tahun
di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh yaitu terdiri dengan tingkatan sikap pemalu anak yang
berbeda-beda antara anak X1, anak X2 dan anak X3. Untuk anak X1, dan X2 tergolong
pemalu dan anak X3 tergolong kurang pemalu. Dampak sikap pemalu terhadap
perkembangan anak yaitu bakatnya kurang muncul dan tidak dapat kita ketahui. Faktorfaktor

yang mempengaruhi sikap pemalu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya
faktor pola asuh, keturunan serta lingkungan dimana anak berada (anak kurang mampu
beradaptasi, anak selalu dituruti hal-hal yang menjadi keinginannya, dan anak kurang
berinteraksi dengan lingkungan sekitar).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD