ANALISIS PERAN GURU DALAM MENSTIMULASI MEMBACA AWAL PADA SISWA KELOMPOK B DI TK CINTA ANANDA BANDA ACEH

Penulis

  • Nur Akmalia Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Intan Kemala Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yenni Mutiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Peran Guru, Menstimulasi Membaca Awal

Abstrak

This study aims to describe the perceptions of teachers in teaching English online at SMA 1 Darul
Imarah, Aceh Besar. This is done to find out what the teacher experiences while teaching English,
such as the application of what the teacher applied, as well as the problems and solutions faced in
the implementation of the English teaching and learning process through e-learning. The
methodology used in this study is a qualitative method. The research subject was, five English
teachers at SMA 1 Darul Imarah. The data were collected through face-to-face interviews with the
English teachers. The analyzed data used is qualitative consists of the flow of activities that occur
simultaneously, namely data reduction, data presentation, and concluding. The results showed that
in teaching and learning English through e-learning during pandemic COVID-19, the teachers
had difficulties in operating technology such as WhatsApp Group, Google form, Zoom Apps, and email.
They had no experiences in dealing with learning online. Both the teachers and the students had 
the same connection problem because of having no internet access and quota. Thus, the
students did not response to online learning well so then teachers had to visit them at their houses.

Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran guru dalam menstimulasi membaca
awal pada siswa kelompok B. Metode yang digunakan kualitatif Deskriptif. Subjek
penelitian adalah 5 guru kelas B TK Cinta Ananda Banda Aceh. Teknik pengumpulan
data melalui observasi awal, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan
dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peran
guru dalam menstimulasi membaca awal pada anak yaitu, (1) Membuat rancangan
pembelajaran (RPPH) dengan baik, (2) Menggunakan metode pembelajaran, (3)
Mempersiapkan media pembelajaran diantaranya yaitu cantol/kartu huruf dan buku
cerita untuk stimulasi membaca awal, (4) Melakukan evaluasi untuk mengetahui
perkembangan membaca awal pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peran guru dalam membaca awal pada siswa kelompok B di TK Cinta Ananda
Banda Aceh. Dari hasil penelitian ini bahwa peran guru dalam menstimulasi membaca
awal di TK Cinta Ananda 60 % sudah berhasil. Berdasarkan simpulan dari data analisis
penelitian peran guru dalam menstimulasi membaca awal pada siswa sudah dilakukan
oleh guru namun perlu dilakukan penambahan metode lain agar perkembangan
membaca awal pada siswa semakin meningkat.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD