ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH

Penulis

  • Asmidarwati Asmidarwati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Motorik Kasar, Pembelajaran Daring

Abstrak

This study aims to determine gross motor development in children during onlinelearning. This is because gross motor skills have an important role in children's lives. Theapproach used in this study is a qualitative approach, and the population in the study was4 class B teachers. The results of the descriptive analysis, so in this section the researchers
describe all the results of the interviews from the teacher's process in developing the grossmotor skills of early childhood 5- 6 years at Save The Kids Kindergarten Banda Aceh asfollows: The results of the study on gross motor development in children develop wellduring the process online learning. To improve gross motor development during onlinelearning, here the teacher must carry out several stages, namely (1) the learning processthrough video calls; (2) sending learning videos. Based on the results of interviews withclass B teachers of Tk Save The Kids Banda Aceh, it can be concluded that the gross motorskills of children during online learning are developing well.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar pada anak saat
pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan kemampuan motorik kasar memiliki peranan
penting dalam kehidupan anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif, dan populasi dalam penelitian adalah guru kelas B berjumlah 4
orang. Hasil analisis yang bersifat deskriptif maka bagian ini peneliti menguraikan
semua hasil wawancara dari proses guru dalam mengembangkan motorik kasar anak
usia dini 5- 6 tahun di TK Save The Kids Banda Aceh sebagai berikut: Hasil penelitian
perkembangan motorik kasar pada anak berkembang dengan baik pada saat proses
pembelajaran daring. Untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar selama
pembelajaran daring, disini guru harus melakukan beberapa tahapan. Yakni, (1) proses
pembelajaran melalui video call; (2) mengirim video pembelajaran. Berdasarkan hasil
wawancara dengan guru kelas B Tk Save The Kids Banda Aceh dapat disimpulkan bahwa
kemampuan motorik kasar anak pada saat pembelajaran daring berkembang dengan
baik.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD