EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK A DI TK BUNGONG SEULUEPOK BANDA ACEH

Penulis

  • Nelti Wahyuni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriani Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

kemampuan Menyimak, Metode Bernyanyi

Abstrak

Based on the results of observations at Bungong Sculepok Kindergarten, Banda
Aceh, which was conducted in December 2021, it was seen that there was a
problem of being able to listen to children. The results of initial observations
showed that 60% of children did not listen and tended to be passive and silent
and silent during the learning process. The formulation in this research is
whether the use of the singing method is effective in improving the listening
ability of group A children at Bungong Kindergarten Seuleupok Banda Aceh. The
aim is to determine the effectiveness of the singing method in improving the
listening ability of the BUngong Kindergarten group children. Seuleupok Banda
Aceh This study uses an approach. quantitative with experimental prg design.
The sample of this study was the children of group B. with a total of 16 people.
The data was collected by means of a test that was scored through the
observation sheet. The instrument used in this data collection was the observation
platform. Data analyzed. using a statistical test (ui: 0. The results showed the
ability of children to learn before learning using the singing method, namely:
26.67% had not developed, 53.53% began to develop and 20% developed
according to expectations, not children who developed very well before
application of the singing method After applying the singing method, there were
no children who had not developed yet 13.33% of children began to develop.
53.33% of children developed according to expectations and as many as 33.33%
developed very well. 14 while the t-table value is 1.75 so the t-count value> the ttable
value (18.14> 1.75) is at a significant level. The conclusion of the study is the ciekti 
singing method in improving the language skills of group A. children in
Kindergarten Bungong Seuleupok Banda Aceh.

 

Abstrak
Berdasarkan hasil observasi di TK Bungong Seulepok Banda Aceh yang
dilakukan pada bulan Desember 2021, terlihat adanya permasalahan
kemampauan menyimak anak,hasil pengamatan awal menunjukan 60% anak
tidak menyimak dan cendrung pasif serta diam saja serta diam saja pada saat
prose pembelajaran berlangsung. Rumusan dalam penelirian ina adalah apakah
penggunaan metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan kemampuan
menyimak anak kelompok A TK Bungong Seuleupok Banda Aceh. Tujuannya
untuk mengetahui efektifitas metode bernyanyi dalam meningkatkan
kemampuan menyimak anak kelompok TK BUngong Seuleupok Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra ekperimen.
Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 16 orang.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang di nilai melalui lembar observasi.
Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar
observasi. Data dianalisis menggunakan uji statistika (uji-t). Hasil penelitian
menunjukan kemampuan menymak anak sebelum dilakukan pembelajaran
menggunakan metode bernyanyi yaitu: sebanyak 26,67% belum berkembang,
53,53% muali berkembang dan 20% berkembang sesuai harapan, tidak anak yang
berkembang sangat baik sebelum penerapan metode bernyanyi. Setelah
menerapkan metode bernyanyi tidak ada lagi anak yang belum berkembang.
13,33% anak mulai berkembang, 53,33% anak berkembang sesuai harapan dan
sebanyak 33,33% berkembang sangat baik. Hasil Uji-t yaitu nilai t-hitung 18,14
edangkan nilai t-tabel adalah 1,75 sehingga nilai t-hitung > nilai t-tabel (18,14>
1,75) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini yaitu metode bernyanyi
efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di TK
Bungong Seuleupok Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD