ANALISIS PENANAMAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CUT MEUTIA BANDA

Penulis

  • Yeti Ariani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Moral Agama

Abstrak

It is necessary to instill religious values from an early age to equip children to be more mature in
facing life's problems. Therefore, religious moral education is very important for early childhood
because religious moral education is one of the aspects that must be developed in early childhood. This
study aims to (1) know the description of the moral condition of children aged 5-6 years, (2) know the
description of the activities carried out in cultivating moral values of children aged 5-6 years, (3) to
determine the description of the constraints of teachers in instilling religious morals in children aged
5-6 years. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects in this study
were six class B teachers at Cut Meutia Kindergarten, Banda Aceh. The instruments in this study

were interviews and documentation. The techniques used in data analysis are data reduction, data
presentation, drawing conclusions and verification. Based on the results of interviews conducted with
6 classroom teachers and accompanying teachers B1-B6, the development of children's religious
morals in Cut Meutia Kindergarten, Banda Aceh. The moral development of their religion is quite
good, it can be seen from the mutual respect for the rules imposed at school, children are also polite to
teachers and their peers, are honest and obey the rules in school The development of children's
religious morals is very developed or complex, besides that children are also able to play with their
friends and show each other excellent religious moral attitudes.

 

Abstrak

Penanaman nilai-nilai keagamaan di usia dini perlu dilakukan untuk membekali anak agar
lebih matang menghadapi permasalahan kehidupan. Oleh sebab itu pendidikan moral
agama sangatlah penting bagi anak usia dini karena pendidikan moral agama merupakan
salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) mengetahui gambaran kondisi moral agama anak 5-6 tahun, (2) untuk mengetahui
gambaran kegiatan yang dilakukan dalam menanamkan nilai moral agama anak 5-6 tahun,
(3) untuk mengetahui gambaran kendala guru dalam menanamkan moral agama anak usia
5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah enam guru kelas B di TK Cut Meutia Banda Aceh.
Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Tehnik yang
digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan
verifikasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan 6 orang guru kelas dan
guru pendamping B1-B6 dapat perkembangan moral agama anak di TK Cut Meutia Banda
Aceh. Perkembangan moral agamanya cukup baik seperti terlihat dari saling menghormati
aturan yang diberlakukan di sekolah, anak juga sopan santun terhadap guru dan teman
sebayanya, jujur dan taat terhadap aturan yang ada disekolah. Perkembangan moral agama
anak berkembang dengan sangat baik atau kompleks, selain itu anak-anak juga sudah
dapat bermain dengan teman-temannya dan saling menunjukkan sikap moral agama yang
sangat baik.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD