ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK IKAL DOLOG KELOMPOK B1 DI CHIK PINEUNG RAYA BANDA ACEH

Penulis

  • Rika Irawan Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Fazli Hanum Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani Musdiani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

odel Pembelajaran Kooperatif, Interaksi Sosial Anak Usia Dini

Abstrak

Rika Irawan. 2021. Analysis of cooperative learning models on early childhood social interaction at TK Ikal Dolog Group B1 in Chik Pineung Raya Banda Aceh. Essay, early childhood education study program, STKIP Bina Bangsa Getsempena. Supervisor I Dr. Drs. Musdiani, M. Pd. Supervisor II Cut Fazlil Hanum, M. Pd.

 

The cooperative learning model is a method or strategy specifically designed to be given to children so that they are motivated to cooperate in receiving learning or interacting with group friends when receiving learning from the teacher. The lack of children who do not want to interact with the people around them, there is a need for ways to be used by the teaher to develop the child’s social interaction. The formulation of the problem in this study is how to analyze the cooperative learning model  of  early  chldhood  social  interaction  in  TK  Ikal  Dolog  Group  B1  in  Chik Pineung Raya Banda Aceh, while the goal is to find out how to analyze the cooperative  learning  model  on  early  chil  dhood  social  interaction  in  Ikal  Dolog Group B1 di Chik Pineung Raya Banda Aceh. This research is a descriptive study with a qualitative approach, the instrument used is the teacher’s interview sheet, while the data analysis technique uses data reduction, data display and verification/conclusion drawing. Based on the results og the interview, it can be conclude that the cooperative learning model can develop or influence chlidren’s social interactions at TK Ikal Dolog Group B1 in Chik Pineung Raya Banda Aceh.

Abtrak
Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu cara atau strategi yang dirancang
secara khusus untuk diberikan kepada anak agar termotivasi untuk bekerja sama
dalam menerima pembelajaran atau saling berinteraksi dengan teman kelompok saat
menerima pembelajaran dari guru. Minimnya anak-anak yang kurang ingin
berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekitarnya, perlu adanya cara yang
dilakukan oleh guru untuk mengembangkan interaksi sosial anak tersebut. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis model pembelajaran
kooperatif terhadap interaksi sosial anak usia dini di TK Ikal Dolog kelompok B1
Chik Pineung Raya Banda Aceh, adapun yang menjaddi tujuannya adalah untuk
mengetahui bagaimana analisis model pembelajaran kooperatif terhadap interaksi
sosial anak usia dini di TK Ikal Dolog kelompok B1 Chik Pineung Raya Banda Aceh.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif,
instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara guru sedangkan teknik
analisis data dengan cara reduksi data, display data dan verivikasi/penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan atau memberi pengaruh terhadap
interaksi sosial anak di TK Ikal Dolog kelompok B1 Chik Pineung Raya Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD