ANALISIS PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASA PANDEMI COVI-19 DI TK AL-WASHLIYAH BANDA ACEH

Penulis

  • Reti Fatmalia Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

analisis, perilaku hidup bersih dan sehat, pandemi covid-19.

Abstrak

Clean and healthy living behaviors in early childhood education are a set of behaviors that
are practiced by students and teacher in the school environment on the basis of swsreness
as a ruselt of learling, so that they can independently prevent disease, improve health, and
play an active role in creating a healthy environment. The purpose of this study wasto
determine the teacher’s strategy in implementting clean in healthy living habits in AlWashliyah

kindergarten, to determine children’s behavior in Al-Washliyah kindergarten,
in the application of clean and healthy living behavior in Al-Washliyah kindergarten.
Based on the results of observations, this research uses qualitative research. When the
research was conducted on 04-05 January 2021 at Al-Washliyah kindergarten Jl. Bantara
Krueng Aceh, Alue Naga, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh. The subjects in this stady
were teacher and early childhood at Al-Washliyah kingdergarten. The data were collected
through interviews, observation and documentation. Data analysis is done by collecting
data, reducing data, presenting data, and verifying or drawing conclusions. The results of
this study indicate that the application of clean and healthy living habits during the covid19

pandemic in Al-Washliyah kindergerten was carried out by providing theories or
explaining ways of clean and healthy living haabits to childern, teacher practicing or
exemplifying the activities or implementing clean and healthy living behaviors. The
children, and also the habit of clend and healthy living behavior towards children. The
obstacle for teacher in applying this reachable an healthy lifestyle is the lackof cooperation
between parents and teacher. The results of children's observations in the study can be
seen the children's responses when the application of healthy and healthy living behaviors
takes place in the middle of the lesson, here there are some children who are unable to
respond spontaneously to what is explained by the teacher. The following are children's
behavior or reactions in implementing clean and healthy living behaviors, namely: children
can do small things according to the teacher's orders but there must be guidance first,
children can habitually behave in a healthy and reachable life routinely in the school
environment if any teacher cooperation with student guardians

Abstrak
Abstrak
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada pendidikan anak usia dini adalah sekumpulan
perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik dan guru di lingkungan sekolah atas dasar
kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri dapat mencegah penyakit,
meningkatkan kesehatan, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi guru dalam penerapan perilaku
hidup bersih dan sehat di TK Al-Washliyah, untuk mengetahui perilaku anak dalam
penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di TK Al-Washliyah, untuk mengetahui
kendala apa saja yang ditemukan oleh guru dalam penerapan perilaku hidup bersih dan
sehat di TK Al-Washliyah. Berdasarkan hasil observasi penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 04-05 Januari 2021 di TK
Al-Washliyah Jl. Bantara Krueng Aceh, Alue Naga, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh.
Subjek pada penelitian ini adalah guru dan anak usia dini di TK Al-Washliyah. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan perilaku hidup bersih
dan sehat pada masa pandemi covid-19 di TK Al-Washliyah dilakukan dengan
memberikan teori atau menjelaskan cara-cara perilaku hidup bersih dan sehat ini kepada
anak, guru mempraktik atau mencontohkan kegiatan pelaksanaan perilaku hidup bersih
dan sehat tersebut terhadap anak, dan juga pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat
tersebut terhadap anak. Kendala guru dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat
ini adalah kurangnya kerja sama orang tua dengan guru. Hasil observasi anak dalam
penelitian dapat dilihat tanggapan anak saat penerapan perilaku hidup bersih dan sehat
berlangsung di tengah-tengah pelajaran, disini ada beberapa anak yang tidak mampu
untuk merespon secara spontan tentang apa yang dijelaskan oleh guru. Berikut adalah
perilaku anak atau reaksi dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu: anak
dapat melakukan hal-hal kecil sesuai dengan perintah guru namun kurang pecaya diri,
anak dapat memahami apa perintah guru namun harus adanya bimbingan terlebih
dahulu, anak dapat melakukan pembiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat secara
rutin di lingkungan sekolah jika adanya kerja sama guru dengan wali murid.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD