UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGANMELALUI PERMAINAN BOWLING ANAK KELOMPOK B TK AL-LATIF MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE

Penulis

  • Rahmaniah Rahmaniah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Permainan Bowling , Mengenal Bilangan

Abstrak

Bowling is a type of game that is liked by adolescents and children, this game can train
concentration and motor skills, while the type of bowling game used for this study has been
modified to suit children with the goals that have been planned. number is a skill and cognitive
process. The instrument used was an observation sheet, the number of samples was 12 children and
the data were analyzed using a percentage formula. The results showed that in the description of
the observation of children's activities in the first cycle the number of acquisitions with the
undeveloped category was 52% (6 children), the category began to develop 29% (3 children), the
category developed according to the expectations of 16.6% (2 children), and the category very well
developed 0.2% (1 child). Whereas in the second cycle the number of underdeveloped categories
was 1 child (6%), 1 child started developing (10%), the developing category as expected was 37.4%
(4 children) the very well developed category was 6 children (45.8 %). Based on these data, it can
be concluded that bowling can improve the ability to recognize children's numbers.

 

Abstrak
Abstrak
Permainan bowling merupakan satu jenis permainan yang disukai olah kalangan remaja
dan anak-anak, permainan ini dapat melatih konsentrasi dan motoric, adapun jenis
permainan bowling yang di gunakan untuk penelitian ini sudah dimodifikasi yang sesuai
dengan anak-anak dengan tujuan yang sudah di rencanakan. Mengenal bilangan
merupakan suatu proses keterampilan dan kognitif. Instrumen yang digunakan berupa
lembar observasi, jumlah sampel 12 anak dan data dianalisis dengan menggunakan
rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi
aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 52% (6
anak), kategori mulai berkembang 29% (3 anak), kategori berkembang sesuai harapan
16,6% (2 anak), dan kategori berkembang sangat baik 0,2% (1 anak). Sedangkan Pada
siklus ke II jumlah kategori belum berkembang 1 anak (6%) ,mulai berkembang 1 anak
(10%), kategori berkembang sesuai harapan adalah 37,4% (4 anak) kategori berkembang
sangat ba ik adalah 6 anak (45,8%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa
permainan bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD