PENGEMBANGAN PRANGKAT PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS (LGTC)

Penulis

  • Yuni Farlina Abas Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pengajaran Bahasa Inggris, Persepsi Guru, -19, E-Learning, Pengajaran Bahasa Inggris, Persepsi Gur

Abstrak

Selection of learning techniques that are in accordance with student potential and
curriculum objectives are the basic abilities and skills that teachers must have in choosing learning
techniques that will affect the success of learning. This research is based on the results of
preliminary observations, it is known that when learning activities take place the teacher only
delivers material lectures and writes on the blackboard to be copied back by students without
involving students to argue and be actively involved so that students' understanding and speaking
skills are not good, even already occupying the class. II SD, there are still students who are less
skilled at speaking. The purpose of this study was to determine (1) how the description of the
development of learning tools based on the see, scissors, paste, and tell (LGTC) technique of
speaking skills, (2) the response of students in using LGTC media. This research is a Research and
Development (R&D) research with the ADDIE model which includes five steps, namely: the
analysis, design, development, implementation and evaluation stages. The results of the validation
conducted by the RPP expert reached the category of "Decent" interpretation with a validity score
of 3.17%, the LGTC media expert got an average of 3.34% with the criteria "Very Appropriate"
and the assessment expert got an average of 2.78% with the criteria "Eligible". Overall, from the
calculation of these three aspects, an average score of 3.09% has the criteria of "feasible" indicating
that the RPP and LGTC Media that have been developed are suitable for use in the learning
process. the initial test got an average result of 61.5% with the criteria "Not Good" and the test
after being given the LGTC media got an average result of 81.5%, with the criteria "Good".
Student responses get an average of 85% with the criteria "Very Interesting" used in learning
media, it can be seen that the LGTC media is very popular with students and is also very helpful
for teachers in teaching.


Abstrak
Pemilihan teknik pembelajaran yang sesuai dengan potensi siswa dan tujuan
kurikulum merupakan kemampuan dan keterampilan dasar yang harus dimiliki guru
dalam memilih teknik pembelajaran, karena berpengaruh terhadap keberhasilan
pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal diketahui bahwa ketika
kegiatan pembelajaran berlangsung guru hanya menyampaikan materi secara ceramah
dan menulis di papan tulis untuk disalin kembali oleh siswanya tanpa melibatkan siswa
untuk berpendapat dan terlibat aktif sehingga pemahaman dan keterampilan berbicara
siswa tidak baik, bahkan sudah menduduki kelas II SD, masih terdapat siswa yang
kurang terampil berbicara. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui (1)
Bagaiamana deskripsi pengembangan prangkat pembelajaran berbasis teknik lihat,
gunting, tempel, dan ceritakan(LGTC) terhadap ketearmpilan berbicara, (2) respon
peserta didik dalam menggunakan media LGTC. Penelitian ini merupakan penelitian
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima langkah
yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi
yang dilakukan oleh ahli RPP mencapai kategori interprestasi “Layak” dengan skor
kevalidan mencapai 3,17%, ahli media LGTC mendapatkan rata-rata 3,34% dengan
kriteria” Sangat Layak” dan ahli penilaian medapatakan rata-rata 2,78% dengan kriteria
“Layak”. Secara keseluruhan dari perhitungan ketiga aspek tersebut mendapatkan skor
rata-rata 3,09% berkriteria “ Layak” menunjukan bahwa RPP dan Media LGTC yang
telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Tes awal mendapatkan
hasil rata-rata 61,5% dengan kriteria “Kurang Baik” dan tes setelah diberikan media
LGTC mendapatkan hasil rata-rata 81,5%, dengan kriteria “Baik”. Respon peserta didik
medapatkan rata-rata 85% dengan kriteria “Sangat Menarik” digunakan dalam media
pembelajaran, dapat diketahui bahwa media LGTC sangat digemari oleh siswa dan juga
sangat membantu guru dalam mengajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar