EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUKAN PUZZLE LINGKARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SDN 54 BANDA ACEH

Penulis

  • Maya Rizkia Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Subhananto Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rahmatullah Rahmatullah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Efekivitas, Model Discovery Learning, Puzlle Lingkaran, Pemahaman Konsep, Pecahan Senilai

Abstrak

The formulation of the problem in this study is "How is the description of the discovery learning
model assisted by the circle puzzle on the understanding of the concept of fractions valued by the
fourth grade students of SDN 54 Banda Aceh and how is the effectiveness of the discovery learning
model assisted by the circle puzzle on the understanding of the concept worth of the fourth grade
students of SDN 54 Banda Aceh year teaching 2020. The purpose of this research is to describe the
discovery learning model assisted by the circle puzzle to understanding the concept of fractions
worth the value of students and to analyze the effectiveness of learning the students'
understanding through the discovery learning model assisted by the circle puzzle to understanding
the concept of worth fractions. The method used in this research is descriptive method. The
population and sample in this study were students of class IV C at SD N 54 Banda Aceh totaling
31 students. Data collection techniques using observation sheets and test questions. While the data
analysis techniques collected in this study are the average value and the criteria for completeness of
the effectiveness of learning. Based on the results of the research and the overall discussion before
the discovery learning model assisted by the circle puzzle, students obtained a low average score of
57.74%, while after the use of the discovery learning model students received an average value of
85.96%, the average gain of 0.69 was categorized as moderate. , and classical completeness
occurred in this study, namely by showing the results with a significant level of α = 0.05 indicating
that the value of zcount = 13.28. The z distribution table is obtained ztabel = 1.96, because
Zhitung> Ztabel, it can be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted or the discovery
learning model assisted by a circle puzzle can improve understanding of the concept of fractions
worth grade IV students of SD N 54 Banda Aceh and meet the criteria of the effectiveness of a the
learning model used, meaning that this experimental class "experienced an increase" in the ability
to understand the concept of fractions valued and entered into "effective" criteria. The
recommendation of this research is that through the discovery learning model assisted by a circle
puzzle it can contribute to the development of science and technology, become study material and
reference for further research.

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah deskripsi model discovery
learning berbantukan puzzle lingkaran terhadap pemahaman konsep pecahan senilai
peserta didik kelas IV SDN 54 Banda Aceh dan Bagaimanakah efektivitas model discovery
learning berbantukan puzzle lingkaran terhadap pemahaman konsep senilai peserta didik
kelas IV SDN 54 Banda Aceh tahun ajaran 2020. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan model discovery learning berbantukan puzzle lingkaran terhadap
pemahaman konsep pecahan senilai peserta didik dan menganalisis efektivitas belajar
pemahaman peserta didik melalui model discovery learning berbantukan puzzle lingkaran
terhadap pemahaman konsep pecahan senilai. Metode yang digunakan dalam penlitian
ini adalah metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV C di SD N 54 Banda Aceh berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan soal tes. Sedangkan teknik analisis data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata dan kriteria ketuntasan
efektivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan keseluruhannya
Sebelum adanya model discovery learning berbantukan puzzle lingkaran peserta didik
memperoleh rerata nilai yang rendah sebanyak 57.74% , sedangkan setelah penggunaan
model discovery learning peserta didik mendapatkan rerata nilai sebanyak 85.96%, ratarata
gain
ternomalisa
0.69
masuk
kedalam
kriteria
sedang,
dan
terjadi
ketuntasan
klasikal

pada

penelitian ini yaitu dengan menunjukkan hasil dengan taraf signifikan α = 0.05
menunjukkan bahwa nilai z
hitung
= 13.28. Tabel distribusi z diperoleh z
tabel
= 1.96, karena
Z
hitung
> Z
tabel
maka dapat disimpulkalkan bahwa H
o
ditolak dan H
1
diterima atau model
discovery learning berbantukan puzzle lingkaran dapat meningkatkan pemahaman konsep
pecahan senilai peserta didik kelas IV SD N 54 Banda Aceh dan memenuhi kriteria dari
keefektivan dari suatu model pembelajaran yang digunakan, artinya kelas eksperimen ini
“mengalami peningkatan” kemampuan pemahaman konsep pecahan senilai dan masuk
kedalam kriteria yang “efektif”. Rekomendasi dari penelitian ini adalah melalui model
discovery learning berbantukan puzzle lingkaran dapat memberikan kontribusi pada
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadi bahan kajian serta referensi
untuk penelitian selanjutnya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar