PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA SUBTEMA 1 BENDA HIDUP DAN TAK HIDUP DI SEKITAR KITA UNTUK SISWA KELAS 1 SD

Penulis

  • Ganda Wismawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helminsyah Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Media pembelajaran Video Animasi

Abstrak

Based on observations with grade 1 teachers at SD Negeri 54 Banda Aceh, students have difficulty
understanding the learning materials, are less active and have not been in the process of learning,
and some students are also busy on their own and do not pay attention to the teacher when
explaining the learning materials that have been given.This study aims to find out how to develop
animated video learning media, in Subthema 1 Living and Lifeless Objects Around Us for valid
grade 1 elementary school students. This research is a Research and Development (R&D) research
with ADDEI model that includes five rare namely:stages of analysis, design, development,
implementation and evaluation. Data collection techniques are carried out using validation
techniques to test the feasibility of content experts,graphists, linguists, and practitioners.The
results of this study are: has expanded the learning media of animated videos in Subthema 1 Living
and Lifeless Objects Around Us for grade 1 elementary students, the average assessment resulting
from product validation is: content experts get an average score of 2.4 with criteria (Less Feasible),
graphists get an average score of 3 with criteria (Feasible), linguists get an average score of 3.83
with criteria (Very Feasible) , expert practitioners get an average score of 4 with criteria (Very
Feasible).Based on the validation results from the overall value obtained from 4 validators
consisting of 3 lecturers and one class teacher, getting an average score of 3.30, it can be concluded
that the animation video learning media in Subtema 1 Living and Non-Living Objects Around Us
is declared valid and does not require significant dismantling and "Very Feasible" is used as a
medium in learning.

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dengan guru kelas 1 SD Negeri 54 Banda Aceh bahwa siswa
kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, kurang aktif dan belum bersungusunguh

dalam mengikuti proses pembelajaran, kemudian sebagian siswa juga sibuk
sendiri dan tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi pembelajaran yang
telah diberikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan
media pembelajaran video animasi, pada Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup di
Sekitar Kita untuk siswa kelas 1 SD yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian
Research and Development (R&D) dengan model ADDEI yang mencakup lima langka yaitu:
tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation) dan evaluasi (evaluation). Tehnik pengumpulan data yang dilakukan
mengunakan tehnik validasi untuk menguji kelayakan dari ahli isi, ahli kegrafikan, ahli
bahasa, dan ahli praktisi. Hasil penlitian ini adalah: telah mengebangkan media
pembelajaran video animasi pada Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
untuk siswa kelas 1 SD, rata-rata penilaian yang dihasilkan dari validasi produk yaitu:
ahli isi mendapatkan nilai rata-rata 2,4 dengan kriteria (Kurang Layak), ahli kegrafikan
mendapatkan nilai rata-rata 3 dengan kriteria (Layak), ahli bahasa mendapatkan nilai
rata-rata 3,83 dengan kriteria (Sangat Layak), ahli praktisi mendapatkan nilai rata-rata 4
dengan kriteria (Sangat Layak).Berdasarkan hasil validasi tersebut dari keseluruhan nilai
yang didapatkan dari 4 validator yang terdiri dari 3 orang dosen dan satu orang guru
kelas, mendapatkan nilai rata-rata 3,30 maka, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran video animasi pada Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
dinyatakan valid dan tidak memerlukan pembongkaran yang signifikan serta “Sangat
Layak” digunakan sebagai media dalam pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar