PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SD NEGERI 11 BANDA ACEH

Penulis

  • Enika Warni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Media Congklak, Kemampuan Berhitung

Abstrak

Based on interviews with teachers at SD Negeri 11 Banda Aceh, information was obtained that the
school teacher had never used congklak game media in the teaching and learning process, especially
in learning to count and so far the media shown by the teacher also used media such as: counting
using fingers, stones, pipettes and pictures and other media, so that in this case many students still
cannot count. The research objective was to determine the development of valid media for playing
congklak games for grade 1 students in elementary schools. This research is a Research and
Development (R&D) research with the ADIIE model which includes five steps, namely: the stages
of analysis, design, development, implementation, and evaluation. But this research only limits to
four stages, namely up to the evaluation stage, the subject in this study is grade 1 SD Negeri 11
Banda Aceh with data collection instruments in the form of congklak media validation carried out
by material experts, media experts, practitioners experts, to see the validity of the media
supercilious. This research produces a product in the form of congklak media as a teaching material
in the learning process. Based on the average assessment that has been obtained after validating the
material expert validator gets an average score of 3.50 with the criteria (Very Feasible), then the
assessment that has been obtained after validating from the media expert validator gets an average
score of 3 , 80 with the criteria (Very Eligible), then continued with the assessment that has been
obtained after validating by the practitioner expert validator getting an average score of 3.40 with
the criteria (Very Eligible). Based on the results of this validation, it can be concluded that the
congklak media product developed is declared "valid" with an average score of 3.56 and does not
require significant renovation and is very suitable for use as teaching material in learning


Abstrak

Abstrak
Berdasarkan wawancara dengan guru SD Negeri 11 Banda Aceh, diperoleh infomasi
bahwa guru disekolah tersebut belum pernah menggunakan media permainan congklak
dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran berhitung dan selama ini
media yang diperlihatkan oleh guru juga menggunakan media seperti: berhitung
menggunakan jari tangan, batu, pipet dan gambar-gambar dan media lainnya, sehingga
dalam hal ini siswa masih banyak belum bisa berhitung. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui pengembangan media permainan congklak untuk siswa kelas 1 di SD yang
valid. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model
ADIIE yang mencakup lima langkah yaitu: tahapan analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Tetapi penelitian ini hanya membatasi sampai empat
tahapan saja yaitu sampai tahap evaluasi, subjek dalam penelitian ini adalah kelas 1 SD
Negeri 11 Banda Aceh dengan instrumen pengumpulan data berupa validasi media
congklak yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli praktisi, untuk melihat
kevalidan media congklak. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media
congklak sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bedasarkan penilaian rata-rata
yang telah didapatkan setelah melakukan validasi dari validator ahli materi mendapatkan
nilai rata-rata skor 3,50 dengan kriteria (Sangat Layak), selanjudnya penilaian yang telah
didapatkan setelah melakukan validasi dari validator ahli media mendapatkan nilai ratarata

skor 3,80 dengan kriteria (Sangat Layak ), kemudian dilanjudkan dengan penilaian
yang telah didapatkan setelah melakukan validasi oleh validator ahli praktisi
mendapatkan nilai rata-rata skor 3,40 dengan kriteria (Sangat Layak ). Berdasarkan hasil
validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media congklak yang di kembangkan
dinyatakan “valid” yakni dengan rata-rata skor 3,56 dan tidak memerlukan perombakan
yang signifikan dan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar