PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DIRUMAH, DISEKOLAH DAN DIMASYARAKAT SISWA KELAS III SDN KUTA PASIE ACEH BESAR

Penulis

  • Andini Andini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helminsyah Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Media, Video Animasi,Hak dan Kewajiban

Abstrak

Based on the results of observations at the SDN KutaPasie Aceh Besar school, information was
obtained that teachers at the KutaPasie SDN had not used animated video media in the learning
process, especially in PKN learning on rights and obligations, the teaching methods of educators
tended to explain using ordinary media such as media images, therefore students feel bored and
distracted by other things such as talking to friends and playing in class. This study aims to
determine how to develop video animation media on the material rights and obligations at home, in
schools in the community for class III students of SDN KutaPasie Aceh Besar which are valid. This
research is a type of research development (Research and Development) with the ADIIE model
which includes five steps, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation.
Data collection techniques are carried out using validation techniques to test the feasibility of
material experts, design experts, and teacher responses. The results of the study are: have developed
a video aiming media for grade III elementary school students, based on the results of the validation
of the animation video media material obtained an overall score of 2.90% with the criteria (feasible)
design experts obtained an overall score of 3.26% with the criteria (very feasible) Teacher response
obtained an overall score of 3.26% with the criteria (very feasible). Based on the validation results,
it can be concluded that the animation video media is declared very valid and does not require
significant renovation so it is very suitable to be used as teaching material in learning.

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di sekolah SDN Kuta Pasie Aceh Besar, diperoleh informasi
bahwa guru-guru di SDN Kuta Pasie belum menggunakan media video animasi dalam
proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran PKN materi hak dan kewajiban,
cara mengajar pendidik cenderung menjelaskan dengan menggunakan media yang biasa
saja seperti media gambar, oleh karena itu siswa merasa bosan dan perhatiannya
teralihkan oleh hal lain seperti berbicara dengan teman dan bermain dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media video
animasi pada materi hak dan kewajiban dirumah, disekolah dan dimasyarakat untuk
siswa Kelas III SDNKuta Pasie Aceh Besar yang valid. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model ADIIE yang
mencakup lima langkah yaitu: tahapanan alisis (analysis), desain (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik
pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik validasi untuk menguji
kelayakan dari ahli materi, ahli desain, dan respon guru. Hasil penelitian adalah: telah
mengembangkan media video aimasi untuk siswa kelas III SD, berdasarkan hasil validasi
tentang materi media video animasi diproleh skor keseluruhan 2,90% dengan kriteria
(Layak) ahli desain media diperoleh skor keseluruhan 3,26% dengan kriteria (Sangat
Layak) respon guru diperoleh skor keseluruhan 3,26% dengan kriteria (Sangat Layak).
Bedasarkan hasi validasi , dapat disimpulkan bahwa media video animasi dinyatakan
sangat valid dan tidak memerlukan perombakan yang signifikan sehingga sangat layak
digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar