STUDENTS’ PROBLEM IN CONSTRUCTING ENGLISH SENTENCE PATTERNS AT SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

Penulis

  • Dessi Muharani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Hijjatul Qamariah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Sariakin Sariakin Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pola kalimat Bahasa Inggris, Grammar Bahasa Inggris

Abstrak

The purpose of this study was to categorize students’ problem in constructing English
sentence patterns and to know the factors that make the students get problem in constructing
English sentence patterns. The researcher used descriptive qualitative research as the method in
this study. The questionnaire was used as the instrument. There were five aspects analyzed by the
researcher such as vocabulary, word order, punctuation,tenses, and personal pronoun. After
analyzing the data, the researcher found that the students’ problem in constructing English
sentence patterns is various. In term of vocabulary, there were three problem faced by the students;
lack of vocabulary, getting difficultes to choose the correct words which have the same
pronounciation, and getting difficultes to identify the vocabulary from part of speech. Meanwhile,
there were three problems of word order faced by the students. They were getting difficulties in

using word order, identifying the kinds of word order, and differing the word order. Moreover, in
term of punctuation, the problems were getting difficulties in using punctuation, identifying the
kinds of punctuation, and differing the punctuation. Furthermore, the problems of tenses were
getting difficulties in choosing the proper tenses, identifying the kinds of tenses, and differ the
tenses. Moreover, the problem of personal pronoun were the students get difficulties to use personal
pronoun, identify the kind of personal pronoun, and the students also got difficulties to differ the
personal pronoun in constructing English sentence pattern.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkategorikan permasalahan siswa dalam
menyusun pola kalimat bahasa Inggris dan untuk mengetahui faktor – faktor yang
membuat siswa mendapatkan permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan penelitian
kualitatif deskriptif sebagai metode dalam penelitian ini. Kuesioner digunakan sebagai
instrumen. Terdapat lima aspek yang di analisa oleh peneliti yaitu kosa kata, susunan
kata, tanda baca, tensis, dan kata ganti pribadi. Setelah menganalisis data, peneliti
menemukan bahwa permasalahan siswa dalam menyusun pola kalimat bahasa Inggris
bervariasi. Dalam hal kosa kata, terdapat tiga permasalahan yang dihadapi siswa;
kurangnya kosa kata, mendapatkan kesulitan dalam memilih kata – kata yang benar, dan
mendapatkan kesulitan dalam mengidentifikasi kosa kata dari bagian bahasa. Sementara
itu, terdapat tiga permasalahan dalam susunan kata yang dihadapi oleh siswa yaitu
mendapatkan kesulitan dalam menggunakan susunan kata, mengidentifikasi macam –
macam susunan kata, dan membedakan susunan kata. Selain itu, dalam hal tanda baca,
permasalahan yang dihadapi siswa adalah mendapatkan kesulitan dalam menggunakan
tanda baca, mengidentifikasi macam – macam punctuation, dan membedakan tanda baca.
Selanjutnya, permasalahan dalam tensis adalah mendapatkan kesulitan dalam memilih
tensis yang sesuai, mengidentfikasi macam – macam tensis, dan membedakan tensis.
Ditambah lagi, permasalahan dari kata ganti pribadi yang dihadapi siswa adalah siswa
mendapatkan kesulitan dalam menggunakan kata ganti pribadi, mengidentifikasi macam
– macam kata ganti pribadi, dan siswa juga mendapat kesulitan dalam membedakan kata
ganti pribadi dalam menyusun pola kalimat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris