An Analysis of First Grade English Teacher’s Classroom Management at SMA Inshafuddin Banda Aceh

Penulis

  • Mimi Fitrasari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salwa Maulizan Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salwa Chaira Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Guru Bahasa Inggris, Manajemen Kelas.

Abstrak

Abstract
The purpose of this study was to investigate how the first grade English teacher’s classroom
management, and to categorize the problems faced by the first grade English teacher’s in managing
the classroom. The researcher used descriptive qualitative research as the method in this study. The
observation and interview were used as the instrument. There were eight aspects analyzed by the
researcher such as physical design of classroom, rules and routines, relationships, enganging and
motivating instruction, discipline, teacher talking time (TTT), voice management, and physical
presence. After analyzing the data, the researcher found that most of the aspects of classroom
management is implemented very well by the teacher. However, there are some problems faced by the
first grade Englsih in implementing the classroom management such as students’ habit and class
discipline. The students were lack of discipline in undergoing the rules that have been regulated by the
teacher.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah manajemen kelas guru
bahasa inggris di kelas satu SMA Inshafuddin Banda Aceh, dan untuk mengkategorikan
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru bahasa inggris dalam
mengaplikasikan manajemen kelas tersebut. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif sebagai metode dalam penelitian ini. Observasi dan wawancara digunakan
sebagai instrument. Terdapat delapan aspek yang dianalisa oleh peneliti yaitu desain fisik
kelas, aturan dan rutinitas, hubungan, intruksi yang melibatkan dan memotivasi, disiplin,
waktu bicara guru, manajemen suara, dan kehadiran fisik guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebagian besar manajemen kelas di implementasikan dengan baik
oleh guru. Akan tetapi, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru bahasa
inggris yaitu kebiasaan siswa dan disiplin kelas. Siswa kurang disiplin dalam menjalani
aturan yang telah diatur oleh guru.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris