PERAN GURU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK KELOMPOK A DI TK IKAL DOLOG BANDA ACEH

Penulis

  • Fatimah Fatimah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teir Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Millata Zamana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Peran Guru, Menstimulasi Perkembangan Moral Agama

Abstrak

The role of teachers in stimulating the moral development of children's religion group A. This
research was conducted to determine the role of teachers in stimulating the moral development of
religious children group A. Methods used qualitatively Descriptive. The subjects of the study were
2 teachers of Ikal Dolog Kindergarten class banda Aceh. Data collection techniques through
interviews and documentation. Techniques used in data analysis are data reduction, data
presentation, and conclusion drawing. The results of this study show that the role of teachers is
very important in stimulating the moral development of children's religion very well. And teachers
have instilled the moral religion of children in Ikal Dolog kindergarten, in addition teachers have
also stimulated the child but need to be improved by using a variety of more interesting media and
using different methods so that the moral development of religion in the child is increasing and the
child can know the religion he embraced in the child's life, the role of paud teachers in stimulating
the development of mor.

Abstrak

Peran guru dalam menstimulasi perkembangan moral agama anak kelompok A.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran guru dalam menstimulasi
perkembangan moral agama anak kelompok A. Metode yang digunakan kualitatif
Deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 guru kelas TK Ikal Dolog Banda Aceh. Teknik
pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam
analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam menstimulasi
perkembangan moral agama anak sangat baik. Dan guru telah menanamkan moral agama
anak di TK Ikal Dolog, Selain itu guru juga sudah melakukan stimulasi kepada anak
namun perlu ditingkatkan dengan menggunakan berbagai media yang lebih menarik
serta mengunakan metode yang berbeda agar perkembangan moral agama pada anak
semakin meningkat dan anak dapat mengenal agama yang dianutnya dalam kehidupan
anak, peran guru paud dalam menstimulasi perkembangan moral agama anak pada
kelompok A di Tk Ikal Dolog dengan memberikan contoh mengajarkan tentang moral,
agama, tingkah laku anak didik, agar perkembangan moral agamanya semakin
meningkat dan aspek perkembangan moral agama dapat berkembangan sesuai dengan
tahap usia anak. Penanaman nilai-nilai agama dan moral ini dapat dilakukan dengan
menanamkan karakter positif yang akan melekat pada diri seorang anak sehingga anak
akan tumbuh menjadi generasi yang beragama, beradab, bermoral dan bermartabat.
Dengan adanya kerja sama kepala sekolah dan guru kelas serta berperan aktif dalam
mendidik, membimbing, memotivasi dan memberikan keteladanan kepada peserta didik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD