PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKS IT MINA ACEH BESAR

Penulis

  • Gesti Indah Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teir Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mik Salmina Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, peran guru, kemampuan berhitung

Abstrak

Early child education is a very basic and strategic education in the development of human
resources. This is because at an early age, children are developing very rapid capabilities. As an
institution early child education (paud)/prescool, the primary task of kindergarten is to prepare
children by introducing various knowledge, attitudes, and skills so that the child can continue the
real learning activities in elementary school. Through the education process it is hoped that aspects
of development in children can develop in accordance with the child’s developmental stages. Five
aspects of early childhood children must develop are those of moral and religious development, and
of emotional social development. This is because developing these aspects can make it easier for a
child to further education. The purpose of this study is “to find out how a teacher’s role in
improving child count ability in the TKS IT Mina Aceh Besar”. In this study using qualitative
research is one that is used to investigate, find, describe, and explain the quality or efficiency of
unexplainable social influences or described by the quantitative approach, the active role of a
teacher in the TKS IT Mina’s big day is very good, this can be seen teachers very understand the
wants child learning and can be seen by most children already being able to know arithmetic, to
know the numeric symbol and to match the bionic sidebar.

Abstrak

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis
dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan pada anak usia dini,
anak mengalami perkembangan kemampuan yang sangat pesat. Sebagai lembaga
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) /prasekolah, tugas utama TK adalah
mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap/perilaku,
dan keterampilan agar anak dapat melanjutkan kegiatan belajar yang sesungguhnya di
sekolah dasar. Melalui proses pendidikan diharapkan aspek perkembangan pada anak
dapat berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Ada lima aspek yang
harus dikembangkan anak usia dini yaitu aspek perkembangan moral dan nilai agama,
perkembangan kognitif, perkembangan fisik motorik, perkembangan bahasa dan
perkembangan sosial emosional. Hal ini dikarenakan dengan mengembangkan aspekaspek

tersebut dapat mempermudah anak untuk melanjutkan pendidikan ke tahap
pendidikan selanjutnya. tujuan dari penelitian ini adalah “ untuk mengetahui bagaimana
peran guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di Tks PAUD IT MINA
Banda Aceh”. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif merupakan
penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan
menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan,
diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif. Peran aktif seorang guru di Tks
IT Mina Aceh Besar sangatlah baik, ini dapat dilihat guru sangat memahami kemauan
belajar anak dan dapat dilihat dari sebagian besar anak sudah mampu dalam mengenal
berhitung, mengenal lambang bilangan serta mencocokan lambang bilangan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD