Analisis Kemampuan Karakter Religius Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh

Penulis

  • Lika Maisarah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

kemampuan, karakter religius

Abstrak

The religious character is the teaching of religious teaching he ordered to be attached to someone’s
self. The problem with this research is how an image of a religious character, what activities a
teacher does, what obstacles a teacher faces. The study aims to know: the images of religious
character abilities, the activities a teacher does, the obstacles a teacher faces. The study USES a
descriptive qualitative approach. The subject of this research is the core teacher, and the A1 class
escorts and the 2 classes at FKIP Banda Aceh. Dokumentaries. Data analysis USES qualitative
analysis, which is data reduction, display data, and deduction. Studies have shown that the image
of religious actors is the A1 class and the 2 ha little difference between the skill and knowledge
value, where the ability of religious character in the A1 class is more evident than ability of

religious character in the student classes. The activities of the teachers are choosing appropriate
methods in the learning process, as well as the media used. In-person practice, teachers not only do
things at school but also do things outside of school. The challenges a teacher faces, a child is less
focused, children hate waiting in line, and therefore a teacher is less effective at learning. In the
media, teachers do not have problem, as school tools and infrastructure are already very
supportive..

Abstrak
Karakter religius adalah suatu penghayatan ajaran agama yang dianutnya dan telah
melekat pada diri seseorang. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana
gambaran kemampuan karakter religius, kegiatan apa saja yang dilakukan guru, kendala
apa saja yang dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gambaran
kemampuan karakter religius, kegiatan yang dilakukan guru, kendala yang dihadapi
guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru inti, dan guru pendamping kelas A1 dan kelas A2 di TK FKIP
UNSYIAH Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gambaran kerakter religius
pada anak kelas A1 dan A2 memiliki sedikit perbedaan yang terdapat pada nilai
keterampilan dan juga pengetahuan, dimana kemampuan karakter religius pada anak
kelas A1 lebih terlihat dibandingkan dengan kemampuan karakter religius pada anak
kelas A2. Kegiatan yang dilakukan guru yaitu memilih metode yang cocok dalam proses
pembelajaran, serta media yang digunakan. Praktek langsung, guru tidak hanya
melakukan kegiatan disekolah namun juga melakukan kegiatan diluar sekolah. Kendala
yang dihadapi guru diantaranya, anak kurang fokus, anak tidak suka mengantri/tidak
sabar menunggu giliran, dorong-dorong, dan kurangnya kerja sama antara orangtua
dengan guru sehingga kurang efektifnya proses pembelajaran yang dilakukan guru
disekolah. Dalam segi media guru tidak mengalami kendala, karena sarana dan prasarana
di sekolah sudah sangat mendukung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD