Analisis Perkembangan Moral Anak Kelompok B di TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh

Penulis

  • Asrima Asrima Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teir Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Perkembangan Moral Anak

Abstrak

This study aims to determine the moral development of Group B children in Kindergarten
Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh. This is because moral development in
children is very important and must be instilled from an early age. The formulation of the
problems in this research are: 1. How is the description of the Moral development of
Group B children in Kindergarten Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh? 2. What
is the description of the role played by the teacher in improving the Moral Development
of Group B children at Kindergarten Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh. 3.

What is the description of the obstacles faced by teachers in improving the Moral
Development of Group B children at TK Bungong Seuleupok Syiah Kuala Banda Aceh.
This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The subjects
used in this study were 6 teachers at Bungong Seuleupok Kindergarten. The data analysis
technique uses the Mills and Huberman analysis technique which consists of 4 stages,
namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The
results indicated that the picture of moral development in Group B children in
Kindergarten Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh developed well, and was very
good. The teacher's efforts to develop morals are carried out by setting good role models,
giving advice on how to behave properly, respecting parents, teachers and friends. The
method used to develop morals is done using the habituation method, and telling stories
with the help of picture media, story books, TV, videos, and question and answer
conversations with children. Therefore, it can be concluded that the moral development of
Group B children in Kindergarten Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh is
developing well.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan moral pada anak Kelompok B
di TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh. Hal ini dikarenakan pengembangan
moral pada anak sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini. Rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana gambaran perkembangan Moral Anak Kelompok
B di TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh?. 2. Bagaimana gambaran peran
yang dilakukan guru dalam meningkatkan Perkembangan Moral Anak Kelompok B di
TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh. 3. Bagaimana gambaran kendala yang
dihadapi guru dalam meningkatkan Perkembangan Moral Anak Kelompok B di TK
Bungong Seuleupok Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini
adalah guru di TK Bungong Seuleupok yang berjumlah sebanyak 6 orang. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis Mills dan Huberman yang terdiri 4 tahap yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa gambaran perkembangan moral pada anak Kelompok B
di TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh berkembang dengan baik, dan sangat
bagus. Upaya guru dalam mengembangkan moral dilakukan dengan memberi contoh
teladan yang baik, dan memberi nasihat. Metode yang digunakan untuk
mengembangkan moral dilakukan menggunakan metode pembiasaan, dan bercerita
dengan bantuan media gambar, buku cerita, TV, video, dan percakapan tanya jawab
dengan anak-anak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa perkembangan moral pada
anak Kelompok B di TK Bungong Seleupoek Syiah Kuala Banda Aceh berkembang
dengan baik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD