ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD SEBAGAI MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK IT AL-LATIF BEUREUNUEN, PIDIE

Penulis

  • Misra Misra Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani Musdiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

guru PAUD, Model pembentukan karakter, Pendidikan anak usia dini

Abstrak

Kindergarten teacher competency standards, as explained according to the special ministerial
regulation on national education standards at the PAUD level, number 137 of 2014 article 25,
namely: Teachers have a PAUD Teacher Professional Education (PPG) certificate from an
accredited college and PAUD Teacher Competence is developed as a whole, covering pedagogic,
personal, social, and professional competences. This research is focused on the competencies of
PAUD teachers as a model for character building of children in TK IT Al-Latif Beureunuen, Pidie
Regency. In analyzing competence, it is also limited to the factors that affect these competencies.
This type of research used in this research is qualitative research. The results of the study
concluded that the PAUD teacher competency as a model for character building of children in TK
IT Al-Latif is that the TK IT Al-Latif teachers have been effective in meeting 4 competency
qualifications, namely pedagogic, personality, social, and professional competencies. Character
building is carried out through aspects of the 4 (four) competencies, namely the development of
routine teacher activities in disciplining discipline, habituation, and creating a conducive atmosphere, extracurricular activities and activities at home, integration, namely adjusting the formation of children's characters that are different from one another. and internalization of teachers as well as realizing their professionalism to become teachers in attitudes and behavior.

Abstrak

Standar kompetensi guru TK, sebagaimana dijelaskan menurut peraturan menteri khusus
tentang standar nasional pendidikan pada tingkat PAUD, nomor 137 tahun 2014 pasal 25
yaitu : Guru memiliki sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAUD dari perguruan
tinggi yang terakreditasi dan Kompetensi Guru PAUD dikembangkan secara utuh
mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. penelitian ini
difokuskan pada kompetensi yang dimiliki guru PAUD sebagai model pembentukan
karakter anak di TK IT Al-Latif Beureunuen Kabupaten Pidie.. Dalam menganalisa
kompetensi juga dibatasi pada faktor yang mempengaruhi terhadap kompetensikompetensi

tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kompetensi guru PAUD
sebagai model pembentukan karakter anak Di TK IT Al-Latif adalah Guru TK IT Al-Latif
sudah efektif dalam memenuhi kualifikasi 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan professional. Pembentukan karakter yang dilaksanakan melalui
aspek-aspek dari 4 (empat) kompetensi tersebut yaitu pengembangan kegiatan rutin guru
dalam penanaman kedisiplinan, pembiasaan, dan penciptaan suasana kondusif, adanya
kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan di rumah, integrasi yaitu penyesuaian pembetukan
karakter anak yang berbeda satu sama lain dan internalisasi guru maupu mewujudkan
keprofesionalnya menjadi guru dalam sikap dan perilaku

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD