MENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUKEGIATAN MENCETAK DENGAN PASIR DI KELOMPOK B1 TK CUT NYAK DHIEN, SIGLI

Penulis

  • Anisah Anisah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriani Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Sosial Emosional kegiatan Mencetak dengan pasir

Abstrak

Based on the background of the problem, the formulation of the problem of children’s socialemotional development is not optimal, their emotional social ability is still low. This can be seenwhen children playing with peers are still difficuit to adjust, are not able to obey the rules, are notresponsible whe playing in addition, most of the children imitated what the theme did, such asfollowing a toy selected by a friend. The results of this study indicate that the implovement ofchildren’s social emotion development can be seen from the results of the study as follows : the
average pre-action results were 8 children (40%), 6 (30%) 3 children (15%) and BSB, 3 children(15%). The average results in cycle 1 were 5 children (25%). 3 MB (15%), 5 children (25%) and 7children (35%). The average results of cycle 2 was 1 children (5%), MB. 1 children (5%), BSH 2children (10%) and BSB 16 children (80%). There was an increase in the children’s socialemotional development through printing with sand for groud B in Cut Nyak Dhien kindergarten.

Abstrak

Berdasarkan latar belakang masalah, pada rumusan masalah perkembangan sosial
emosional anak belum optimal kemampuan sosial emosinalnya masih rendah. Hal ini
terlihat saat anak bermain dengan teman sebaya masih sulit menyesuaikan diri, belum
mampu mentaati aturan,belum bertanggung jawab saat bermain. Selain itu juga sebagian
besar anak meniru apa yang dikerjakan temanya, seperti mengikuti mainan yang yang
dipilih teman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan perkembangan
social emosional anak dapat di lihat dari hasil penelitian sebagai berikut : diperoleh hasil
rata-rata pra tindakan adalah BB 8 anak (40%), MB 6 anak (30%), BSH 3 anak (15% ) dan
BSB 3 anak (15%). Hasil rata-rata pada siklus I adalah BB 5 anak (25%), MB 3 anak (15%),
BSH 5 anak ( 25%) dan BSB 7 anak (35%).Hasil rata-rata siklus II adalah BB 1 anak (5%),
MB 1 anak (5%), BSH 2 anak (10%) dan BSB 16 anak (80%). Terjadi peningkatan
perkembangan social emosional anak melalui kegiatan mencetak dengan pasir pada anak
kelompok B TK Cut Nyak Dhien

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD