MENINGKASTKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAYYAH MELALUI PERMAINAN DADU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TKIT BINA ANEUK NANGGROE

Penulis

  • Lisnawati Lisnawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Maulizan Maulizan Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Media permainan dadu huruf , Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf hijayyah

Abstrak

The purpose of this research is to improve the ability to recognize hijayyah letters in children is not
optimal, the use and utilization of tools to support learning activities to recognize hijayyah letter is
still low. The type of research used is classroom action research. With the subject of group B children
with a total of 20 children. The date anality technique used is the percentage, namely the processing of
data collected through observation. Based on the above problems, this study can formulate the ability
to recognize hijayyah letters through the media of the letter dice game for group b children TKIT Bina
Aneuk Nanggroe. The results of this study indicate that the increase in the ability to recognize
hijayyah letters of children can be seen from the results of the study as follow: the pre-action average
results are 9 childre n(45%, 4 MB (20%), 4 children BSH (20%) and BSB 3 children (15%). The
average results in cycle I were 7 children (35%) MB 6 children (30%), BSH 4 children (20%) and

BSB 3 children (15%). The average results of cycle II was 1 children (5%), BSH 1 children (5%) and
BSB 17 children (85%). The was an increasen in the ability to recognize hijayyah letters of children in
recognizing hijayyah letter through the media of in group B TKIT Bina Aneuk Nanggroe.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal Hurur
Hijayyah anak belum optimal, penggunaan dan pemanfaatan alat untuk menunjang
kegiatan pembelajaran mengenal huruf hijayyah masih rendah, Kegiatan pengembangan
kemampuan mengenal huruf hijayyah belum optimal dan belum di variasi dalam bentuk
permainan yang menarik bagi anak. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalan
penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian anak kelompok B dengan jumlah 20
anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase yaitu pengolahan data yang
dikumpulkan melalui observasi. Berdasarkan permasalahan diatas maka penelitian ini
dapat merumuskan masalah bagaimana Peningkatan kemampuan mengenal huruf hijayyah
melalui media permainan dadu huruf pada anak kelompok B TKIT Bina Aneuk Nanggroe.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan kemampuan mengenal huruf
hijayyyah anak dapat di lihat dari hasil penelitian sebagai berikut : diperoleh hasil rata-rata
pra tindakan adalah BB 9 anak (45%), MB 4 anak (20%), BSH 4 anak (20% ) dan BSB 3 anak
(15%). Hasil rata-rata pada siklus I adalah BB 7 anak (35%), MB 6 anak (30%), BSH 4 anak (
20%) dan BSB 3 anak (15%).Hasil rata-rata siklus II adalah BB 1 anak (5%), MB 1 anak (5%),
BSH 1 anak (5%) dan BSB 17 anak (85%). Terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf
hijayyah anak dalam mengenal huruf hijayyah melalui media permainan dadu huruf pada
anak kelompok B TKIT Bina aneuk Nanggroe.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD