Efektivitas Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf di TK Negeri Darma Wanita Sibigo
Abstrak
Kemampuan bahasa anak, khususnya kemampuan mengenal huruf belum berkembang secara optimal dibandingkan dengan kemampuan-kemampuan lainnya, seperti kemampuan fisik, motorik, kognitif, dan sosial-emosional. Kemampuan mengenal huruf erat kaitannya dengan kemampuan kognitif anak karena anak diharuskan mengingat huruf yang dipelajarinya. Peneliti menggunakan media kartu huruf sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karenanya diperlukan kajian untuk membuktikan efektivitas media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Negeri Darma Wanita Sibigo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Sampel penelitian anak kelompok A yang berjumlah 23 orang anak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji statistika. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media kartu huruf yaitu anak yang berkembang sangat baik 30,43%, selanjutnya 60,87% berkembang sesuai harapan dan hanya tinggal 8,70% yang mulai berkembang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa harga thitung > harga ttabel (19,61 > 1,72). Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa media kartu huruf efektif meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Negeri Darma Wanita Sibigo.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.