Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A diTK Bungong Seuleupok Banda Aceh

Penulis

  • Kasniwati Kasniwati
  • Riza Oktariana
  • Millata Zamana

Kata Kunci:

Analisis, Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah

Abstrak

Children's language development is pursued in a systematic way that can develop according to the
child's development stage even though they come from a variety of different backgrounds.
Language learning in kindergarten children, especially recognizing hijaiyah letters, starts with the
child's ability to recognize hijaiyah letters. Based on the phenomena described above, it encourages
researchers to conduct research entitled "Analysis of the Ability to Recognize Hijaiyah Letters in
Group A Children at Bungong Seuleupok Kindergarten, Banda Aceh". The objectives of this study
were: 1. To determine the ability to recognize hijaiyah letters of group A children at Bungong
Seuleupok Kindergarten, Banda Aceh. 2. To find out the efforts made by the teacher in introducing
hijaiyah letters to group A children at Bungong Seuleupok Kindergarten, Banda Aceh. This

research uses a qualitative approach with descriptive research type. The research subjects in this
study were 6 teachers at Bungong Seuleupok Kindergarten. Data collection techniques in this
study were interviews and documentation. The results showed that the description of the condition
of the child in recognizing hijaiyah letters had not gone well, where there were those who wanted
and also did not. This is because the family is busy with their respective activities so that parents
rarely accompany children in introducing hijaiyah letters. The teacher's efforts to improve the
ability to recognize children's hijaiyah letters are carried out with pictures, plasticine, blocks,
puzzles or giving examples written on the blackboard, playing and singing which can have a good
influence on children. The media used in introducing hijaiyah letters are pictures, blocks,
plasticine, paper and puzzles.

Abstrak
Perkembangan bahasa anak di tempuh melalui cara yang sistematis
dapat berkembang
sesuai tahap perkembangan anak meskipundari berbagai latar belakang yang
berbeda.Pembelajaran bahasa pada anak TK khususnya mengenal huruf hijaiyah dimulai
dari kemampuan anak dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah. Berdasarkan fenomena
yang telah dipaparkan di atas, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang
berjudul “Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A di TK
Bungong Seuleupok Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui
kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak kelompok A TK Bungong Seuleupok Banda
Aceh. 2. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengenalkan huruf
hijaiyah pada anak kelompok A TK BungongSeuleupok Banda Aceh. Penelitian ini
menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subjek penelitian
dalam penelitian ini adalah guru di TK Bungong Seuleupok yang berjumlah sebanyak 6
orang.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan
dokumentasi.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa gambarankondisi anak dalam
mengenal huruf hijaiyah belum berjalan dengan baik dimana ada yang mau dan juga
tidak. Hal ini dikarenakan keluarga sibuk dengan aktivitas masing-masing sehingga
orang tua jarang mendampingi anak dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Upaya guru
untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak di lakukan dengan
gambar, plastisin, balok, puzzle atau memberikan contoh yang ditulis di papan tulis,
bermain dan bernyanyi dimana dapat membawa pengaruh baik bagi anak-anak. Adapun
media yang digunakan dalam mengenalkan huruf hijaiyah yaitu dengan media gambar,
balok, plastisin, kertas dan puzzle

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD