ANALISIS KEGIATAN SENAM RUTIN KELOMPOK B DI PAUD IBNU SINA ACEH BESAR

Penulis

  • Julia Sahera Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriani Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

analisis, senam rutin

Abstrak

Gymnastics activities that are carried out regularly will help the process of gross motoric
development of children aged 5-6 years. The formulation of the research problem is how is the
process of implementing routine exercise and what factors support and hinder the implementation
of routine exercise in group B PAUD Ibnu Sina. The research objective was to analyze the process
of implementing routine exercise in group B and to analyze the factors that support and hinder the
implementation of routine exercise in group B PAUD Ibnu Sina. This study used a qualitative
design with this type of study, which was the subject of the study of 2 teachers in Group B. The
data collection instruments used interview sheets, observation and documentation. Data analysis
used the qualitative analysis model of Miles and Huberman, namely data collection, data reduction,
data presentation and conclusions along with verification. The results showed that the process of

implementing routine exercise in group B was carried out every morning for 30 minutes from
07.50 to 08.20. Routine gymnastics uses a demonstration model, where the teacher provides
examples of gymnastic movements to children consisting of three exercises, namely warm-up
exercises, core exercises, and cooling exercises consisting of seven movements. Supporting factors
that support routine exercise in Ibnu Sina's PAUD include school facilities and infrastructure,
creative teachers creating gymnastics movements. While the factors that hinder the implementation
of routine exercise include low parental support, and the absence of a professional gymnastics
instructor, PAUD Ibnu Sina.

Abstrak

Kegiatan senam yang dilakukan secara rutin akan membantu proses perkembangan
motorik kasar anak anak usia 5-6 tahun. Rumusan masalah penelitian ini yaitu
bagaimanakah proses pelaksanaan senam rutin dan faktor apa sajakah yang mendukung
dan menghambat pelaksanaan senam rutin pada kelompok B PAUD Ibnu Sina. Tujuan
penelitian untuk menganalisis proses pelaksanaan senam rutin pada kelompok B dan
untuk menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan senam rutin
pada kelompok B PAUD Ibnu Sina. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan
jenis studi, yang menjadi subjek penelitian guru kelompok B berjumlah 2 orang.
Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif Miles
danHubermanyaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan
beserta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan senam rutin
pada kelompok B dilaksanakan setiap pagi selama 30 menit mulai pukul 07.50 sampai
08.20. Senam rutin menggunakan model demontrasi, yaitu guru memberikan contoh
gerakan senam kepada anak yang terdiri dari tiga latihan yaitu latihan pemanasan,
latihan inti, dan latihan pendinginan terdiri dari tujuh gerakan. Faktor mendukung yang
mendukung keterlaksaaan senam rutin di PAUD Ibnu Sina diantaranya sarana dan
prasarana sekolah, guru-guru yang kreatif menciptakan gerakan-gerakan senam.
Sedangkan faktor yang menghambat keterlaksanaan senam rutin diantaranya dukungan
orangtua masih rendah, dan tidak adanya instruktur senam yang profesional dimiliki
PAUD Ibnu Sina

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD