THE APPLICATION OF THE (SQ3R) SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW TO IMPROVE STUDENTS READING COMPREHENTION AT SMA NEGERI 2 LHOKNGA
Kata Kunci:
Membaca, Pemahaman Membaca dengan Metode SQ3RAbstrak
Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran SQ3R dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMA Negeri 2 Lhoknga, Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman siswa dengan model pembelajaran SQ3R, dan untuk mengetahui pengaruh siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran SQ3R terhadap pemahaman membaca siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA 2 Lhoknga yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 57,6 dan nilai signifikan adalah 0,2469 dan dari perhitungan post-test nilai rata-rata adalah 75,56, dan nilai signifikan adalah 0,2650. maka Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Observasi dilakukan dengan menyimpan kegiatan di kelas selama proses belajar mengajar, dari data tes dianalisis dengan prosedur statistik untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test. Ho ditolak dan Ha diterima atau data didistribusikan secara normal. Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman membaca siswa di SMA Negeri 2 Lhoknga, Aceh Besar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.