Pengembangan Media Pembelajaran Tabel Bilangan Loncat Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Prestasi Belajar Siswa kelas I SD Negeri Lambaro Angan Aceh Besar
Kata Kunci:
Pengembangan, Model ADDIE, Media Tabel Bilangan LoncatAbstrak
Pembelajaran menggunkan media tabel bilangan loncat ini dilakukan berdasarkan media yang dikembangkan dengan cara siswa berintraksi langsung dengan lingkungannya agar siswa tersebut dapat lebih memahami apa yang telah dipelajari, sehingga siswa lebih aktif bertanya dan rasa ingin tau yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran tabel bilangan loncat untuk meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri Lambaro Angan Aceh Besar, serta untuk mengetahui efektivitas belajar siswa kelas I SD Negeri Lambaro Angan Aceh Besar terhadap penggunaan media pembelajaran tabel bilangan loncat untuk meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan ini dilakukan pada kelas I SD Negeri Lambaro Angan yang berjumlah 26 siswa. Teknk pengumpulan data yang dilakukan yakni angket(koesioner) validasi, angket respon guru dan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian bahwa pada hasil kelayakan media diperoleh persentase sebesar 93,43% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan hasil kepraktisan media diperoleh persentase penilaian dengan skor 86% sehingga mendapatkan kriteria “Sangat praktis. Dari efektivitas hasil belajar siswa pada pre test diperoleh nilai rata – rata keseluruhan sebesar 69,23 dan hasil belajar siswa pada post test diperoleh nilai rata – rata keseluruhan sebesar 85,38. Sedangkan hasil perhitungan uji t bahwa diperoleh bahwa thitung = 7,028 > ttabel = 1,711. Maka di ambil kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, maka adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran tabel bilangan loncat untuk meningkatkan kosentrasi dan prestasi siswa kelas I SD Negeri Lambaro Angan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.