improving students comprehension through comic books
Kata Kunci:
meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui buku komikAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman membaca siswa melalui buku komik SMP 8 Banda Aceh. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan pemahaman membaca melalui buku komik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimental. Data primer berupa pre-test dan post-test dari tes yang diberikan kepada siswa dan berupa lembar observasi. Model yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pre-test dan post-test. Nilai siswa pada siklus 1 adalah 45 yang belum mencapai nilai rata-rata KKM 70, artinya peneliti mengulangi pada siklus berikutnya. Pada siklus 2, peneliti melakukan hal yang sama tetapi lebih menekankan dalam memberikan contoh menemukan gagasan utama dan detail penting dari sebuah teks dan memperbaiki kekurangan langkah pada siklus 1 dan melakukan tes 2. Pada tes 2 siswa mencapai skor 81 yang mana berarti mereka mencapai nilai rata-rata KKM dan penelitian ini berhasil. Kesimpulannya, buku komik sangat membantu pemahaman membaca siswa berdasarkan temuan penelitian.
Kata Kunci: Pemahaman bacaan dan buku komik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.