THE USE OF AUDIO VISUAL AIDS IN TEACHING LISTENING COMPREHENSION (A DESCRIPTIVE STUDY AT LISTENING CLASS OF STKIP BINA BANGSA BANDA ACEH BANDA ACEH)

Penulis

  • Isnaini Isnaini
  • Sri Wahyuni
  • Hijjatul Qamariah

Kata Kunci:

mendengarkan, alat bantu audio visual.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis Audio Visual Aids yang digunakan oleh dosen di kelas listening. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai metode dalam penelitian ini. Observasi, wawancara, dan questioner digunakan sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyatakan bahwa alat bantu audio visual yang digunakan dalam dua kelas listening adalah recording. Data wawancara menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat bantu audio visual di dalam kelas, perkuliahan dapat mengajarkan mendengarkan dengan mudah. Alat bantu audio visual menghadirkan variasi dalam pengajaran menyimak yang membantu menarik perhatian siswa terhadap pelajaran. Berdasarkan persepsi siswa, penggunaan alat bantu audio visual memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memiliki latar belakang pengetahuan tentang topik apa saja yang diperlukan bagi peserta didik. Selain itu, penggunaan alat bantu audio-visual juga memberikan pemaparan bahasa yang lebih luas kepada pelajar dan memberi mereka gagasan yang lebih baik tentang budaya bahasa target. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa materi audio visual memotivasi peserta didik dan membantu mereka dalam menurunkan tingkat kecemasannya.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris