STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD ENGLISH SPEAKING ABILITY (A DESCRIPTIVE STUDY OF NINTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 18 BANDA ACEH)

Penulis

  • Aria Septi Mulia
  • Regina Rahmi
  • Hijjatul Qamariah

Kata Kunci:

persepsi siswa, kemampuan berbicara, bahasa inggris.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persepsi siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai metode dalam penelitian ini. Observasi dan wawancara digunakan sebagai instrumen. Untuk meningkatkan validitas data digunakan catatan lapangan untuk mendukung metodologi penelitian. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa persepsi siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris bervariasi. Mereka menyadari bahwa berbicara adalah keterampilan penting dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai dengan baik. Mereka berpendapat bahwa berbicara adalah keterampilan penting untuk berkomunikasi satu sama lain terutama sebagai bahasa Internasional dan global yang digunakan di dunia. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak dapat berbahasa Inggris dengan baik dan lancar, dan banyak siswa juga menilai bahwa berbicara sulit untuk dikuasai karena beberapa aspek seperti kosakata yang terbatas, pemahaman tata bahasa yang kurang dan juga pengucapan yang tidak dapat dipraktikkan dengan baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada beberapa tema yang diambil dari wawancara yaitu kesulitan siswa, harapan siswa dan kebutuhan bantuan guru.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris