THE EFFECT OF PARTNER READING STRATEGY IN TEACHING READING
Kata Kunci:
strategi membaca mitra, mengajar membacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan mahasiswa tentang pengaruh strategi membaca secara berpasangan dalam pembelajaran Reading, dan mengamati bagaimana dosen menerapkan strategi membaca secara berpasangan dalam pembelajaran Reading. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa semester II Jurusan Bahasa Inggris STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh yang berjumlah 59 siswa dan hanya 31 siswa kelas A yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Hasil observasi dalam penelitian ini menunjukkan banyak faktor dari lembar observasi yang diterapkan oleh dosen. Seperti, memberikan kesempatan untuk siswa memilih pasangannya, mempraktikkan atau menjelaskna bagaimana menjadi pasangan yang baik. Kemudian dosen juga memperhatikan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Artinya proses pembelajaran menggunakan prosedur partner reading strategi cukup memuaskan karena sejalan dengan Meisinger et al dalam Melanie. Selanjutnya, untuk data angket, banyak siswa yang menjawab sangat setuju pada bagian strategi membaca mitra, yaitu tentang manfaat atau dampak baik dari strategi membaca mitra yang mampu mendorong kemauan siswa untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian, guru sebaiknya menerapkan strategi membaca mitra dalam pembelajaran membaca karena dapat meningkatkan proses pembelajaran, dan membuat minat siswa dalam belajar membaca.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.