ERROR ANALYSIS OF EFL STUDENTS’ ABILITY IN USING SUBJECT-VERB AGREEMENT

Penulis

  • Mahdelena Mahdalena
  • Rosdiana Rosdiana
  • Hijjatul Qamariah

Kata Kunci:

analisis kesalahan, siswa efl, kesesuaian subjek-kata kerja.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa EFL dalam menggunakan kesesuaian  subjek-kata kerja. Peneliti menggunakan beberapa jenis kesesuaian subjek-kata kerja untuk menganalisis pemahaman peserta didik EFL dalam menggunakan kesesuaian subjek dan kata kerja, yaitu: Singular / Plural, Neither / Either, Nouns Kolektif, Pronoun tak tentu, Frasa Preposisi, Ada “be 'and Fractional Ekspresi (Menghitung). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian adalah mahasiswa semester II  STKIP Bina Bangsa Getsempena yang terdiri dari 19 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan, kuesioner, dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan kesesuaian subjek-kata kerja yang dihasilkan oleh siswa, alasan siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan kesesuaian subjek-kata kerja dan persepsi dosen terhadap pemahaman siswa dalam menggunakan kesesuaian subjek-kata kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih rendah dalam memahami  penggunaan kesesuaian  subjek-kata kerja, sulit untuk membedakan subjek / kata kerja tunggal dan jamak, kurangnya praktik dan dampak pembelajaran online terhadap proses pembelajaran siswa. Kemampuan siswa EFL dalam menggunakan kesesuaian subjek-kata kerja juga ditunjukkan oleh hasil dari daftar pertanyaan. Hampir semua siswa menghasilkan kesalahan dalam menjawab daftar pertanyaan. Kesalahan dominan yang dihasilkan siswa adalah Either / Either, Frasa Prepostition dan Pronoun tak terbatas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris