A DESCRIPTIVE OF STUDENTS CRITICAL READING SKILLS IN NARRATIVE TEXTS
Kata Kunci:
membaca kritis, strategi, teks narrativeAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa dan menemukan strategi dalam belajar membaca terutama keterampilan membaca kritis dalam teks naratif. Masalah penelitian adalah bagaimana tanggapan siswa dan strategi apa yang digunakan oleh siswa terhadap keterampilan membaca kritis dalam teks naratif. Pendekatan kualitatif diterapkan dalam penelitian ini sebagai desain penelitian serta menggunakan lembar observasi dan wawancara bebas sebagai instrumen penelitian. Dalam penelitian ini, subjek observasi terdiri dari 17 siswa dan subjek wawancara terdiri dari 5 siswa, yang di tentukan dari hasil observasi yang diberikan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peneliti dapat menyimpulkan bahwa respon siswa dan strategi yang digunakan siswa dalam belajar keterampilan membaca kritis dalam teks narasi sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa, teks naratif efektif untuk meningkatkan pemahaman keterampilan membaca siswa dalam menganalis, synthesis, dan mengevaluasi sebuah teks. Melalui cek list observasi, siswa mengetahui dan mengerti membaca kritis dalam naratif teks, tetapi mereka kurang dalam mengunakan membaca kritis untuk menemukan pesan dalam cerita. Selain itu, melalui wawancara ditemukan bahwa siswa mengetahui strategi dalam membaca kritis seperti prediksi, menanyakan, menjelaskan dan meringkas teks naratif. Itu bisa disimpulkan bahwa, siswa bisa dengan mudah untuk mengerti dalam isi dan tujuan teks naratif. Sebagai sebuah hasil, hal tersebut dapat membatu siswa dalam membaca kritis dalam teks naratif sehingga pengetahuan mereka dalam keterampilan membaca dapat meningkatkan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.