AN ANALYSIS OF TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING SPEAKING SKILL TO VISUALLY IMPAIRMENT STUDENTS AT SMA LUAR BIASA BANDA ACEH IN ACADEMIC YEAR 2019/2020

Penulis

  • Khadijah Khadijah
  • Sri Wahyuni
  • Hijjatul Qamariah

Kata Kunci:

strategi guru, kemampuan berbicara, tunanetra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi guru dalam mengajar keterampilan berbicara kepada siswa tunanetra di SMA Luar Biasa Banda Aceh. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang guru terapkan dalam mengajar keterampilan berbicara kepada kelas kebutuhan khusus siswa tunanetra seperti stretegi yang digunakan guru, dan masalah serta solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodde kualitatif. Subjek penelitian adalah guru di SMA Luar Biasa. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru bahasa inggris. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif yang diadopsi adalah dari Yin, yaitu: menyusun, membongkar, memasang kembali, menafsirkan, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru hanya strategi tanya jawab. Masalah yang dihadapi oleh guru saat mengajar siswa tunanetra adalah pertama, semua siswa dengan tingkat yang berbeda duduk dalam satu kelas. Kedua, tidak ada pengajaran tim dan akhirnya, sekolah kekurangan fasilitas. Namun, hasilnya menunjukkan bahwa belum ada solusi untuk masalah tersebut.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris