PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N ATONG MONTASIK
Kata Kunci:
Media Wayang Kertas, kemampuan MenyimakAbstrak
Pengetahuan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, bahkan boleh dikatakan bahwa pengetahuan sudah merupakan suatu kebutuhan. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Pembelajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar merupakan pembelajaran yang wajib mendapat perhatian untuk terus di tingkatkan. Penggunaaan media dapat memberikan stimulus yang kuat kepada siswa agar lebih mudah memahami isi cerita yang di simaknya. Penelitian dilakukan di SD Negeri Atong Montasik, penelitian ini tergolong penelitian eksperimen yang meneliti hubungan sebab akibat dengan memanipulasi satu atau lebih variabel pada satu atau lebih kelompok eksperimental dengan 16 sampel. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n -1 = 16 -1
=15 , maka daftar distribusi t dengan t(0,975) (15), sehingga diperoleh t(0,975) (15), = 2,13 karena thitung > ttabel, yaitu 8,7 > 2,13.Dengan demikian hipotesis penelitian ini, Ha diterima sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan media wayang kertas efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas III SD Negeri Atong Montasik
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.