PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N ATONG MONTASIK

Penulis

  • Yeni Maqdalena Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Media Wayang Kertas, kemampuan Menyimak

Abstrak

Pengetahuan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, bahkan boleh dikatakan bahwa pengetahuan sudah merupakan suatu kebutuhan. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Pembelajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar merupakan  pembelajaran  yang  wajib  mendapat  perhatian  untuk  terus  di  tingkatkan. Penggunaaan  media  dapat  memberikan  stimulus  yang  kuat  kepada  siswa  agar  lebih mudah memahami isi cerita yang di simaknya. Penelitian dilakukan di SD Negeri Atong Montasik, penelitian ini tergolong penelitian eksperimen yang meneliti hubungan sebab akibat dengan memanipulasi satu atau lebih variabel pada satu atau lebih kelompok eksperimental dengan 16 sampel. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n -1 = 16 -1

=15 , maka daftar distribusi t dengan t(0,975) (15), sehingga diperoleh t(0,975) (15), = 2,13 karena thitung > ttabel, yaitu 8,7 > 2,13.Dengan demikian hipotesis penelitian ini, Ha diterima sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan media wayang kertas  efektif  untuk  meningkatkan  kemampuan menyimak  siswa  kelas III  SD  Negeri Atong Montasik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar