PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA BANDA ACEH

Penulis

  • Fhona Salsabilla Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci: Metode Brainstorming, Kemampuan Menulis, Teks Cerita Pendek

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan siswa dalam menulis teks cerita pendek menggunakan Metode Brainstorming.. Metode pembelajaran Brainstorming ini menuntut siswa untuk menghasilkan ide kreatif tanpa perlu mengkritik berbagai pemikiran. Sehingga meningkatkan cara berpikir kritis dan inovatif pada diri setiap individu. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen design (eksperimental lemah) yang belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh, sedangkan bentuk dari desainnya adalah “one group pretest-posttest design” yaitu penelitian hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti adalah : 1). Tahap awal (pre-test), 2). Perlakuan (treatment), 3). Tahap akhir (post-test, dan 4). Angket. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Banda Aceh kelas VIII.2 dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil penelitian ini dapat dilihat berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dengan memperhatikan besarnya rxy yang diperoleh yaitu 0,76284 yang besarannya berkisaran 0,60 – 0,799. Pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar 0,404 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh nilai sebesar 0,515. Selanjutnya dibandingkan dengan “rxy” dengan “rt” seperti telah diketahui yang diperoleh dengan nilai sebesar 0,76284, sedangkan rt masing-masing 0,404 dan 0,515. Dengan demikian rxy atau “r” hitung adalah lebih besar daripada “r” tabel (rt), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif antara metode pembelajaran Brainstorming (variabel x) dengan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa (variabel y).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia